RESEARCH
INTERVIEW
I.
Tujuan
Interview
a. Untuk mengetahui cara pandang mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang
terhadap perkuliahan dan
persiapan dalam
mengahdapi ujian akhir.
b. Untuk mengetahui masalah-masalah yang mereka hadapi
serta solusi yang mereka lakukan
II.
Pelaksanaan
a. Dilakukan di laboratorium
Interview dilakukan di ruang Laboratorium Fakultas
Psikologi Universitas
Bina Darma Palembang. Interview dilaksanakan pada hari Selasa, tanggal 10 Juni 2014, pukul 17.45 WIB. Proses
interview berlangsung selama 11
menit 01
detik.
III.
Persiapan
a. Untuk Laboratorium
Sebelum melakukan interview, interviewer menyiapkan
alat perekam yang akan digunakan (mengisi batrai dan mencobanya terlebih
dahulu). Kemudian, interviewer membaca guidence interview secara detail dan
berusaha memahaminya. Selain itu interviewer juga membaca catatan-catatan
tentang proses interview. Serta membuat ringkasan perkataan-perkataan yang akan
dipraktekkan keesokan harinya. Dan tidak lupa memastikan kehadiran testee untuk
hadir dalam praktikum.
IV.
Hasil
Wawancara
a. Subyek (Laboratorium)
i.
Keterangan
subyek
·
Nama :
Fathony
·
Jenis Kelamin :
Laki-laki
·
Usia :
23 Tahun
·
Pendidikan
Fakultas : Ilmu Komputer Universitas Bina
Darma
Jurusan/angkatan :
MI/2013
·
Alamat :
Jl. Sentosa Rt.28 No.22 Palembang
·
Hoby :
Olahraga
ii.
Hasil
Melihat hasil yang telah didapat, maka dapat
disimpulkan bahwa subjek berpandangan positif tentang perkuliahan dan pesrsiapan menghadapi
ujian akhir semerter, subjek mengalami respon emosi yang positif pada saat
memasuki perkuliahan di
kampus. Subjek pun mengalami masalah, tetapi subjek lebih
banyak memunculkan respon tindakan yang bersifat kognitif ketimbang respon
tindakan yang bersifat emosional. Subjek lebih dapat menetapkan satu solusi yang
paling tepat untuk saat
perkuliahan dan saat menghadapi ujian akhir semester. Untuk
memperkuat judgment, maka dapat dilihat kutipan dari subjek ;
·
Memiliki cara
pandang yang positif terhadap perkuliahan
dan persiapan
mengahadapi ujian akhir semester , hal ini ditunjukkan dengan
evidence dari wawancara :
“dimana
kami yang kerja itu bisa dapet keringanan waktu untuk kuliah malam mb.”(FY, L ,61)
“ya
alhamdulilah sih untuk sampai sekarang
ini saya sangat merasa nyaman ya, karna termasuk dosen-dosennya, terus
mahasiswa-mahasiswa disini gampang akrab, jadi kami bisa lebih santai,jadi
lebih masuk pelajarannya” (FY, L ,85)
“bisa
lebih ringan terus untuk fasilitas lab dan lapangan olahraga itu sangat baik
mb, sangat bagus” (FY ,L ,100-102)
·
Respon emosi
saat memasuki perkuliahan
dan menghadapi ujian akhir semester yang dialami oleh subjek adalah
respon emosi yang Positif,
terlihat dari :
“ya
alhamdulilah sih untuk sampai sekarang
ini saya sangat merasa nyaman ya, (FY , L,82)
“terus
mahasiswa-mahasiswa disini gampang akrab, jadi kami bisa lebih santai,jadi
lebih masuk pelajarannya, (FY, L ,85)
“iyaaa,
untuk kampus sekarang ini yaa, saya
merasa puas (FY, L ,240)
·
Subjek
memunculkan respon tindakan yang dilakukan saat dihadapkan pada perkuliahan dan persiapan menghadapi
ujian akhir semester yaitu respon positif, terlihat
dari :
“iya kemungkinan ya belajar, kalo mau ini uda ujian mau masuk ya malam nya pasti persiapannya kayak itu dulu.(FY, L ,171-173)
Kemudian
hasil research interview berdasarkan indikator perilaku berdasarkan guidence interview :
·
Cara pandang
terhadap Perkuliahan dan
persiapan UAS
1. Positif/negatif
“dimana kami yang kerja itu bisa dapet
keringanan waktu untuk kuliah malam mb”( FY, L , 61)
“karna
termasuk dosen-dosennya, terus mahasiswa-mahasiswa disini gampang akrab” (FY, L
,85)
“bisa
lebih ringan terus untuk fasilitas lab dan lapangan olahraga itu sangat baik
mb, sangat bagus (FY, L, 100-102)
“baik,
kalo untuk dikelas nih, biasanya nih mb
ya, kita ini kadang kurang untuk ini, kebanyakan ada satu atau dua pendingin udara atau kipas angin atau ac“(FY, L, 111-116)
“kalo
untuk dosen sih enak sih mb, termasuk gampang akrab juga sih kalo semua
dosen di bina darma” (FY, L,121)
“ee,, kemungkinan kalo dikelas malem sih, kadang kita sulit ini mb, korsi dari di setiap ruangan itu kadang kurang: (FY, L, 127-129)
“biasanya
gak ontime mb , soal nyakan kita kerja sift-siftan waktu kerjanya, jadi kitakan gak bisa nentuin,soalnya kita lumayan
jauh jaraknya antara kampus dan rumah”(FY, L,195-199)
“perjalanan
kita ini sering macet mb, jadi kemungkinan disiplin kurang untuk di bina darma”
(FY, L, 200-201)
“pengalaman
seru sih , iya,,, banyak dapet teman baru , terus anak-anak yang dari luar -
luar kota yang kerja di palembang”(FY, L, 212)
“yang
rumah nya jauh, yang di kost-kost an bisa langsung akrab disini mb, jadi
kami bisa menyatu atau ya langsung dapet
lah”(FY, L, 216-218)
“kita
tuh masih bisa diberi keringanan, misalkan kalo
telat ikut kuis, mid itu kita masih bisa ikut susulan”(FY, L, 244-245)
·
Respon emosi
saat memasuki
1. Emosi positif
“ya alhamdulilah sih untuk sampai
sekarang ini saya sangat merasa nyaman
ya"(FY, L, 82)
“jadi
kami bisa lebih santai,jadi lebih masuk pelajarannya”(FY, L, 85)
“iyaaa,
untuk kampus sekarang ini yaa, saya
merasa puas” (FY, L, 240)
·
Respon
tindakan yang dilakukan saat Menghadapi
ujian akhir semester
1. Respon emosional
“
iya
kemungkinan ya belajar, kalo mau ini uda
ujian mau masuk ya malam nya pasti persiapannya kayak itu dulu”(FY, L, 171-173)
2. Respon kognitif
(mengevaluasi
strategi yang pernah dilakukan saat dihadapkan pada perkuliahan dan persiapan menghadapi
ujian akhir semester sebelumnya)
“kemungkinan
iya dari staf ee bina darma, atau
bisa dibantu dari office boy atau
yang bertugas disana untuk bantu para mahasiswa untuk dapetin korsi mb” (FY,
L,158-165)
“biasanya sih sering mengulang tugas-tugas yang sudah dikasih dosen kemaren mb”(FY, L, 179-180)
(menetapkan
satu solusi yang paling tepat untuk saat itu)
“oh
gitu, sebelum nya ya dari info trus saya datang kesini, cari info terus ee
menemui bagian untuk pendaftaran, dan saya browsing internet mb” (FY, L, 71-73)
“kemungkinan iya dari staf
ee bina darma, atau bisa dibantu dari office boy atau yang bertugas disana untuk bantu para
mahasiswa untuk dapetin korsi mb” (FY, L,145-147)
V.
Kesimpulan
Dari
interview yang telah dilakukan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa, subjek
memandang perkuliahan
dan persiaan dalam menghadapi ujian akhir semester sebagai
suatu hal yang positif. Subjek menganggap bahwa perkuliahan dan persiapan menghadapi ujian akhir semeter
adalah suatu hal sudah di persiapkan jauh-jauh hari, sehingga tidak ada
pandangan negatif terhadap hal tersbut. Respon negatif yang dimunculkan oleh
subjek yaitu ada nya fasilitas pendingin ruangan yang tidak berfungsi pada
beberapa ruangan, hal itu di karena kan ada beberapa pendingin ruangan yang
rusak belum diperbaiki oleh staff atau office boy yang bekerja di sana dan
serta kurang beberapa perangkat kursiuntuk mahasiswa duduk, di karenakan padat
nyakelas yang menyebab kan kekurangan kursi untuk mahasiswa belajar.
VI.
Saran
a. Untuk pelaksanaan praktikum, ruangan yang digunakan
selama praktikum dirasa kurang kondusig dalam melakukan kegiatan praktikum.
Diharapkan ruangan lebih bisa tertata dan lebih leluasa. Kemudian hendaknya
segala macam informasi tentang praktikum baik itu materi atau catatan,
disiapkan terlebih dahulu, baik itu disiapkan oleh pihak laboratorium atau
asisten agar semua mahasiswa bisa mengikuti dan bisa memahami apa yang akan
dikerjakan, sehingga jika terdapat kesukaran dapat langsung ditanyakan.
b. Pada saat melakukan interview, hendaknya lebih
mempersiapkan diri terlebih dahulu mulai dari alat tulis, recorder, dan
catatan-catatan yang dirasa perlu. Hal ini dimaksudkan agar ketika berhadapan
dengan subjek, kita sudah siap dalam melakukan interview.
Lampiran
a. Lampiran Laboratorium Interview
i.
Form
Penilaian
INTERVIEW FOR RESEARCH
SUBJECT
·
Nama :
Fathony
·
Jenis kelamin :
Laki - Laki
·
Usia :
23 Tahun
·
Pendidikan :
S1 MI
TOPIK
|
Kemampuan
Coping Mahasiswa UII saat
|
proses key in
|
||
ASPEK YANG DINILAI
|
|
EVIDENCE
|
||
1.
Persiapan
|
1.
Kehadiran
subjek
|
Ditunjukkan dengan presensi
|
||
|
2. Data dari subjek
|
Nama : Fathony
Jenis kelamin :
Laki - laki
Usia : 23
Tahun
Pendidikan : S1 MI
Alamat : Jl.
Sentosa Rt.28 No.22
Palembang
Hoby : Olahraga
|
||
|
3. Kelengkapan alat bantu
|
MP3, kertas note, pensil
|
||
2. Prosedur interview
|
1.
Opening
|
Greeting
|
Er
: aaa... Assalamualaikum Wr.Wb
Ee
: Wa’alaikumsalam Wr.Wb
Er
: eee,, selamat malam
Ee
: ya malam mb
Er
: oke gimana nih kabarnya hari ini ?
Ee
: alhamdulillah sehat kok
Er
: alhamdulilah ya
Ee
: iya. (line 1-8)
|
|
|
|
Self
introduction
|
Er
: perkenalkan nama saya merry aristha,dari fakultas bina darma palembang,
angkatan 2012.(line 9-11)
|
|
|
|
Personal
inquires
|
Er
: Ini dengan fathony ?
Ee
: iya benar sekali mb
Er
: nama lengkapnya fathony aja ya ?
Ee
: iya mb fathony
Er
: oh gitu, Eeem, fakultas ilmu komputer ya ?
Ee
: iya
Er : eeem,,, hobi nya olahraga ?
Ee : iyap bener mb ? (line
11-20)
|
|
|
|
Orientation
|
Er : oke sebelum nya maksih ya buat kesediaan
nya sudah bisa hadir disini, dalam rangka saya meminta bantuan anda untuk
memenuhi tugas praktikum psikodiagnostik 3 saya. Eee,, beberapa jam kedepan kita akan melakukan sebuah
interview, tujuan dari interview ini, adalah untuk mengetahui eee, tentang
universitas bina darma, proses interview ini tidak akan berjalan terlalu
lama, selama kita bisa bekerja sama dengan baik.
Er : eem, perlu saya sampaikan juga
bahwa dalam proses interview ini tidak ada penilaian mengenai perilaku baik
atau buruk. Ee,, proses interview ini hanya sekedar sharing pengalaman saja
Er : eeehhmm,, dalam proses
interview nanti bisa saja saya bertanya ditengah-tengah cerita anda, jika
saya tidak mengerti, begitu pula anda bisa bertanya kepada saya ketika,eeem
anda tidak paham dengan pertanyaan
saya
Er : Eee, ee, oke kalo gitu kita
langsung aja ya. (line 21-49)
|
|
|
2.
Interview
proses
|
Guidence
question
|
1.
ee bisa dibicarakan atau di ceritakan ,ee bagaimana
anda tau tentang universitas bina darma ? (Line 51-54)
2.
trus cara apa saja
yang anda lakukan agar dapat masuk ke universitas bina darma ? (Line 63-65)
3.
oh gitu, terus gimana menurut anda setelah masuk ke
perkuliahan universitas bina darma ? (Line 77-80)
4.
lalu bisa anda ceritakan kepada saya tentang kelebihan universitas
bina darma, selama anda rasakan, ee selama anda kuliah disini ?(Line 91-94)
5.
ee,selain kelebihan itu kan biasanya ada kekurangan
tuh, coba bisa diceritain gk,? (line 107-109)
6.
oo selain
fasilitas – fasilitas yang ac tadi, apakah ada lagi iya kekurangan eee
kekurangannya ? (line 123-125)
7.
oookee. Trs ini
ee soal ujian nih , gimana sih
kalo persiapan anda , agar bisa menjelang ujian bina darma gitu (line
155-157)
8.
terus strategi apa yang bisa anda lakukan saat
menghadapi ujian ini, apalagi ee dalam
posisi sambil bekerja gitu ? (line
174-177)
9.
oo gitu,
Lalu bisa diceritakan gk masalah apa
yang menurut anda yang berat ketika
jadi mahasiswa di universitas bina darma ? (line 189-192)
10. ooo gitu,
ehm, eeee lalu bisa anda
ceritakan gk pada saya pengalaman seru yang pernah anda alami
selama di universitas bina darma ? (Line 207-210)
11. eee,,, teruus
mungkin ini yang terakhir kali ya , ee
apa anda merasa puas gk selama berada di universitas bina darma gitu ?(Line
234-237)
|
|
|
|
Probing
·
Clarification
·
Reflection
·
Encouragen
·
Comment
·
Spur
|
- eee, ya cara
anda bisa masuk kesini gitu (line 68-69)
- infonya
langsung nyari kesini ? (line 74)
- oo,eem..
jadi ee untuk anda yang kerja juga uda lumayan la yah untuk
kelebihan-kelebihannya gitu (line 103-105)
- kalo dengan
dosen-dosennya gitu ?(line 119)
- itu
biasanya dikampus mana ?(line 133)
- jadi menurut
anda itu gimana tuh cara biar ee cara
mengatasinya gitu ? (line 142)
- bersama teman
gitu ya, gk ada persiapan laen tuh ?
(line 169-170)
- selain itu ada
gk yang laen gitu ?(line 220)
|
|
|
3. Closing
|
·
The Flow
·
Summarize
·
Major point
·
Invite to
ask question about the topic
·
Show
appreciation
|
-
ooo,oke kalo gitu
eeee,,sudah seneng banget ya uda bisa denger pengalaman kamu
tentang universitas bina darma ,,
eee,,, jadi menurut anda ee
universitas itu uda cuup baik gitu ya , eedari fasilitas, dari pengajaran
gitu ya (line 253-358)
-
terus ee. Oke terima kasih atas kerja sama anda
eee,,,. Senang sekali bisa denger sharing dan pengalaman kayak ini , ee bisa nambah pengalaman saya
juga gitu (line 260-264)
-
ee kalo gk ada pertanyaan lagi, saya matikan recorder
nya ya (line 266-267)
-
terus eemm makasih atas waktu nya ,(line 269-270)
-
aaa,, saya akhiri wasalamualaikum wr.wb (line 272-273)
|
|
4. Taking note
|
1. The time
|
Selasa, 10 Juni 2014
17.45 WIB
Ruang Laboratorium Universitas Bina Darma Palembang
|
||
|
2. The content
|
1. Aspek cara pandang yang positif terhadap perkuliahan
dan persiapan mengahadapi ujian akhir semester ,
- “dimana kami yang kerja itu bisa dapet keringanan
waktu untuk kuliah malam mb.”(FY, L ,61)
-
“ya alhamdulilah sih untuk sampai sekarang ini saya sangat merasa nyaman ya, karna
termasuk dosen-dosennya, terus mahasiswa-mahasiswa disini gampang akrab, jadi
kami bisa lebih santai,jadi lebih masuk pelajarannya” (FY, L ,85)
-
“bisa lebih
ringan terus untuk fasilitas lab dan lapangan olahraga itu sangat baik mb,
sangat bagus” (FY ,L ,100-102)
2. Aspek Respon emosi saat memasuki perkuliahan dan
menghadapi ujian akhir semester yang dialami oleh subjek ; Positif
- “ya
alhamdulilah sih untuk sampai sekarang
ini saya sangat merasa nyaman ya, (FY , L,82)
-
“terus mahasiswa-mahasiswa disini
gampang akrab, jadi kami bisa lebih santai,jadi lebih masuk pelajarannya,
(FY, L ,85)
-
“iyaaa,
untuk kampus sekarang ini yaa, saya
merasa puas (FY, L ,240)
3.
Aspek respon tindakan yang dilakukan saat dihadapkan pada
perkuliahan dan persiapan menghadapi ujian akhir semester yaitu respon
positif
-
“iya kemungkinan ya belajar, kalo mau ini uda ujian mau masuk ya malam nya pasti persiapannya kayak itu dulu.(FY, L
,171-173)
|
||
ii.
Guidence Interview
GUIDENCE INTERVIEW
-
Tujuan digunakannya teknik interviewee dalam sebuah
penelitian adalah menjadikan
interviwee mampu mengekspresikan pendapat, pemahaman, gagasannya yang terkait
dengan situasi atau issue tertentu.
-
Issue atau situasi yang diangkat dalam penelitian ini
adalah kemampuan
Coping Mahasiswa Universitas Bina Darma Palembang
COPING
Definisi
Usaha yang dilakukan oleh mahasiswa
untuk mengendalikan dan atau mentoleransi dan atau mengurangi/ meminimalisasi
dampak negative dari suatu situasi atau kejadian yang penuh tekanan (dalam hal
ini perkuliahan dan persiapan dalam menghadapi ujian akhir semster) terhadap
diri mahasiswa.
Aspek
coping
|
Indicator
perilaku
|
Evidence
|
1.
Cara pandang terhadap perkuliahan dan persiapan
menghadapi ujian akhir semster
|
1. Positif/
negative
|
-
“dimana
kami yang kerja itu bisa dapet keringanan waktu untuk kuliah malam mb”( FY, L
, 61)
-
“karna
termasuk dosen-dosennya, terus mahasiswa-mahasiswa disini gampang akrab” (FY,
L ,85)
-
“bisa lebih
ringan terus untuk fasilitas lab dan lapangan olahraga itu sangat baik mb,
sangat bagus (FY, L, 100-102)
-
“baik, kalo
untuk dikelas nih, biasanya nih mb ya,
kita ini kadang kurang untuk ini, kebanyakan ada satu atau dua pendingin udara atau kipas angin atau ac“(FY, L, 111-116)
-
“kalo untuk
dosen sih enak sih mb, termasuk gampang akrab juga sih kalo semua
dosen di bina darma” (FY, L,121)
-
“ee,, kemungkinan
kalo dikelas malem sih, kadang kita
sulit ini mb, korsi dari di
setiap ruangan itu kadang kurang: (FY,
L, 127-129)
-
“biasanya gak ontime mb , soal nyakan kita kerja
sift-siftan waktu kerjanya, jadi
kitakan gak bisa nentuin,soalnya kita lumayan jauh jaraknya antara
kampus dan rumah”(FY, L,195-199)
-
“perjalanan
kita ini sering macet mb, jadi kemungkinan disiplin kurang untuk di bina
darma” (FY, L, 200-201)
-
“pengalaman
seru sih , iya,,, banyak dapet teman baru , terus anak-anak yang dari luar -
luar kota yang kerja di palembang”(FY, L, 212)
-
“yang rumah nya jauh, yang di kost-kost an bisa
langsung akrab disini mb, jadi kami
bisa menyatu atau ya langsung dapet lah”(FY, L, 216-218
-
“kita tuh masih bisa diberi keringanan,
misalkan kalo telat ikut kuis,
mid itu kita masih bisa ikut susulan”(FY, L, 244-245)
|
2. Respon emosi
saat memasuki Perkuliahan dan persiapan menghadapi ujian akhir semester
|
1. Emosi positive
·
Jenisnya
·
Intensitasnya
·
Frekuensinya
|
-
“ya alhamdulilah sih untuk sampai sekarang ini saya sangat merasa nyaman ya"(FY,
L, 82)
-
“jadi kami bisa lebih santai,jadi lebih masuk
pelajarannya”(FY, L, 85)
-
“iyaaa,
untuk kampus sekarang ini yaa, saya
merasa puas” (FY, L, 240)
|
2. Respon
tindakan yang dilakukan saat menghadapi ujian akhir semsester
|
1. Respon
emosional
·
Santai
|
-
“ iya kemungkinan ya belajar, kalo
mau ini uda ujian mau masuk ya
malam nya pasti persiapannya kayak itu
dulu”(FY, L, 171-173)
|
|
2. Respon
kognitif
·
Mengevaluasi strategi yang pernah dilakukan saat perkuliahan
dan menghadapi ujian akhir semester
·
Menetapkan satu solusi yang paling tepat untuk saat
itu
|
-
kemungkinan iya dari staf
ee bina darma, atau bisa dibantu dari office boy atau yang bertugas disana untuk bantu para
mahasiswa untuk dapetin korsi mb” (FY, L,158-165)
- biasanya sih sering mengulang
tugas-tugas yang sudah dikasih dosen
kemaren mb”(FY, L, 179-180)
- “oh gitu, sebelum nya ya dari info trus saya datang kesini, cari info
terus ee menemui bagian untuk pendaftaran, dan saya browsing internet mb”
(FY, L, 71-73)
-
“kemungkinan iya dari staf ee bina darma, atau
bisa dibantu dari office boy
atau yang bertugas disana untuk bantu para mahasiswa untuk dapetin
korsi mb” (FY, L,145-147)
|
iii.
Verbatim
Baris
|
Uraian
|
Indikator
|
1
5
10
15
20
25
30
35
40
45
50
55
60
65
70
75
80
85
90
95
100
105
110
115
120
125
130
135
140
145
150
155
160
165
170
175
180
185
190
195
200
205
210
215
220
225
230
235
240
245
250
255
260
265
270
274
|
Er
: aaa... Assalamualaikum Wr.Wb
Ee
: Wa’alaikumsalam Wr.Wb
Er
: eee,, selamat malam
Ee
: ya malam mb
Er
: oke gimana nih kabarnya hari ini ?
Ee
: alhamdulillah sehat kok
Er
: alhamdulilah ya
Ee
: iya.
Er
: perkenalkan nama saya merry aristha,dari fakultas bina darma palembang,
angkatan 2012. Ini dengan fathony ?
Ee
: iya benar sekali mb
Er
: nama lengkapnya fathony aja ya ?
Ee
: iya mb fathony
Er
: oh gitu, Eeem, fakultas ilmu komputer ya ?
Ee
: iya
Er : eeem,,, hobi nya olahraga ?
Ee : iyap bener mb ?
Er : oke sebelum nya maksih ya buat kesediaan
nya sudah bisa hadir disini, dalam rangka saya meminta bantuan anda untuk
memenuhi tugas praktikum psikodiagnostik 3 saya. Eee,, beberapa jam kedepan kita akan melakukan sebuah
interview, tujuan dari interview ini, adalah untuk mengetahui eee, tentang
universitas bina darma, proses interview ini tidak akan berjalan terlalu
lama, selama kita bisa bekerja sama dengan baik.
Ee : oke
Er : eem, perlu saya sampaikan juga
bahwa dalam proses interview ini tidak ada penilaian mengenai perilaku baik
atau buruk. Ee,, proses interview ini hanya sekedar sharing pengalaman saja
Ee : oke
Er : eeehhmm,, dalam proses
interview nanti bisa saja saya bertanya ditengah-tengah cerita anda, jika
saya tidak mengerti, begitu pula anda bisa bertanya kepada saya ketika,eeem
anda tidak paham dengan pertanyaan
saya
Ee : baik
Er : Eee, ee, oke kalo gitu kita
langsung aja ya.
Ee : oke, baik
Er : kita akan sharing mengenai
topik tentang universitas bina darma,
ee bisa dibicarakan atau di ceritakan ,ee bagaimana anda tau tentang
universitas bina darma ?
Ee : oya gini mb, ini dapet dari
temen saya sih tentang universitas bina darma,dimana universitas bina darma
ini ada kelas malem, atau reguler.
Saya : e hee..
Ee : dimana kami yang kerja itu
bisa dapet keringanan waktu untuk kuliah malam mb.
Er : oh gitu ? trus cara apa
saja yang anda lakukan agar dapat
masuk ke universitas bina darma ?
Ee : maksud nya cara yang bagaimana
tuh mb ?
Er : eee, ya cara anda bisa masuk
kesini gitu
Ee : oh gitu, sebelum nya ya dari
info trus saya datang kesini, cari info terus ee menemui bagian untuk
pendaftaran, dan saya browsing internet mb
Er : infonya langsung nyari kesini
?
Ee : yups bener sekali
Er : oh bukan dari temen
Ee : iya dikampus utama
Er : oh gitu, terus gimana menurut
anda setelah masuk ke perkuliahan universitas bina darma ?
Ee : ya alhamdulilah sih untuk
sampai sekarang ini saya sangat merasa
nyaman ya, karna termasuk dosen-dosennya, terus mahasiswa-mahasiswa disini
gampang akrab, jadi kami bisa lebih santai,jadi lebih masuk pelajarannya
Er : oh gitu jadi menurut anda,
ee,ee enak la cara belajar nya gitu
Ee : iya iya mb
Er : lalu bisa anda ceritakan kepada saya tentang kelebihan universitas
bina darma, selama anda rasakan, ee selama anda kuliah disini ?
Ee : baik, klo untuk kelebihan sih ya termasuk
tadi, ada waktu malam untuk kuliah
malam untuk bagian yang kerja yang sudah kerja gitu kan
Er : ehaa..
Ee : bisa lebih ringan terus untuk
fasilitas lab dan lapangan olahraga itu sangat baik mb, sangat bagus
Er : oo,eem.. jadi ee untuk anda yang kerja juga uda lumayan la yah untuk
kelebihan-kelebihannya gitu
Ee : iya bener sekali mb
Er : ee,selain kelebihan itu kan
biasanya ada kekurangan tuh, coba bisa diceritain gk,?
Ee : baik, kalo untuk dikelas nih, biasanya nih mb ya, kita ini
kadang kurang untuk ini, kebanyakan ada satu atau dua pendingin udara atau kipas angin atau ac
Er : iya,,iya
Ee : yang gk idup itu mb
Er : iya..iya..
Ee : ya itu aja
Er : kalo dengan dosen-dosennya
gitu ?
Ee : kalo untuk dosen sih enak sih mb, termasuk gampang akrab juga sih kalo semua
dosen di bina darma ,
Er : oo selain
fasilitas – fasilitas yang ac tadi, apakah ada lagi iya kekurangan eee
kekurangannya ?
Ee : ee,, kemungkinan kalo dikelas
malem sih, kadang kita sulit ini
mb, korsi dari di setiap ruangan itu kadang kurang jadi kita
Er : ooo
Ee : harus mengambil dikelas lain
atau diruang lain
Er : itu biasanya dikampus mana ?
Ee : dikampus c
Er : oo dikampus c
Ee : iya
Er : iya seh kalo dikampus c malam ya
Ee : iya
Er : agak rame ya
Ee : iya agak rame emang bener satu
kelas
Er : jadi menurut anda itu gimana
tuh cara biar ee cara mengatasinya
gitu ?
Ee : kemungkinan iya dari staf
ee bina darma, atau bisa dibantu dari office boy atau yang bertugas disana untuk bantu para
mahasiswa untuk dapetin korsi mb, soal nya
kadang kita tuh sulit juga sih, kadang mau ngecek dari satu kelas ke
kelas lain untuk mendapatkan korsi tadi.
Er : iya, sedangkan kelas lain juga kadang ada kuliah lain
Ee : bener itu mb
Er : oookee. Trs ini ee
soal ujian nih , gimana sih kalo persiapan anda , agar bisa menjelang
ujian bina darma gitu
Ee : ya biasanya seh, kita sharing sama temen mb, tapi karena kita nih kesibukan masing-masing, karna banyak yang sudah
bekerja, jadi kita bisa online by email untuk share masalah soal, masalah
kisi-kisi atau untuk soal-soal yang dibahas untuk ujian.
Er : oh jadi persiapannya lebih
banyak sharing gitu
Ee ; iya
Er : bersama teman gitu ya, gk ada
persiapan laen tuh ?
Ee : iya kemungkinan ya belajar,
kalo mau ini uda ujian mau masuk ya malam nya pasti persiapannya kayak itu dulu.
Er : terus strategi apa yang bisa
anda lakukan saat menghadapi ujian ini, apalagi ee dalam posisi sambil bekerja gitu ?
Ee : hmmm, biasanya sih sering mengulang tugas-tugas yang sudah dikasih dosen kemaren mb, biasanya sih dosennya bilang ini ada kemungkinan besar
75% tugas, kuis, dan mid itu akan soal
nya akan keluar untuk ujian.
Er : oo gitu , jadi apa yang uda
dilakuin di tugas-tugas itu
kemungkinan besar aa akan masuk diujian gitu ?
Ee : iya mb
Er : oo gitu, Lalu
bisa diceritakan gk masalah apa yang menurut anda yang berat ketika jadi mahasiswa di
universitas bina darma ?
Ee : eeem, ya kalo saya pribadi sih, biasanya gak
ontime mb , soal nyakan kita kerja sift-siftan waktu kerjanya, jadi kitakan gak bisa nentuin,soalnya kita
lumayan jauh jaraknya antara kampus dan rumah , jadi belum lagi dimana
perjalanan kita ini sering macet mb, jadi kemungkinan disiplin kurang untuk
di bina darma
Er : oo jadi kendalanya kadang macet gitu ya
Ee : iya itu untuk masalah jam
kerja, jadikan kita gk bisa ontime dari waktunya
Er : ooo gitu, ehm, eeee lalu bisa anda ceritakan gk pada saya pengalaman seru yang pernah anda alami
selama di universitas bina darma ?
Ee : oke, pengalaman seru sih , iya,,, banyak dapet
teman baru , terus anak-anak yang dari luar - luar kota
yang kerja di palembang, yang
rumah nya jauh, yang di kost-kost an bisa langsung akrab disini mb, jadi
kami bisa menyatu atau ya langsung
dapet lah .
Er : pengalaman serunya gitu ya
Ee : iya
Er : selain itu ada gk yang laen
gitu ?
Ee : eeeee,,, Biasanya sih ketemu
teman sekolah dulu kan , karna kita kan agak telat kuliah nya nih
Er : he,,ee
Ee : jadi ketemu satu liting jaman
SMA itu uda pada lulus jadi itu lebih
seru lagi, jadi mereka tuh jadi kk tingkat kita
Er : hee,ee
Ee : jadi kita bisa belajar sama
mereka jadi
Er : oo jadi itu yang menurut anda
paling seru
Ee : iya ..
Er : eee,,, teruus mungkin ini yang terakhir kali ya , ee apa anda
merasa puas gk selama berada di universitas bina darma gitu ?
Ee : iyaaa, untuk kampus sekarang
ini yaa, saya merasa puas karena untuk fasilitas dan cara sistem pengajarannya di universitas bina darma itu bagus mb,jadi
kita tuh masih bisa diberi keringanan,
misalkan kalo telat ikut kuis, mid itu kita masih bisa
ikut susulan
Er : oo itu khusus untuk jam kerja
yang kerja yang kuliah sambil kerja
Ee : eeee, kebanyakan sih iya ,
tapi gk tau sih ya untuk yang kuliah
normal atau pagi. Kalo untuk yang reguler
kita bisa untuk susalan jadi kita bisa ikut kelas pagi untuk melengkapi nilai kita tadi
Er : ooo,oke kalo gitu eeee,,sudah seneng banget ya uda bisa
denger pengalaman kamu tentang
universitas bina darma ,, eee,,,
jadi menurut anda ee universitas itu uda cuup baik gitu ya , eedari
fasilitas, dari pengajaran gitu ya
Ee : iya
Er : terus ee. Oke terima kasih
atas kerja sama anda eee,,,. Senang sekali bisa denger sharing dan
pengalaman kayak ini , ee bisa nambah
pengalaman saya juga gitu
Ee : iya
Er : ee kalo gk ada pertanyaan
lagi, saya matikan recorder nya ya
Ee : oke
Er : terus eemm makasih atas waktu
nya ,
Ee : iya sama-sama mb,
Er : aaa,, saya akhiri
wasalamualaikum wr.wb
Ee : wa’alaikumsalam wr.wb
|
Opening
Cara
Pandang Terhadap Universitas Bina Darma Positif;dapet keringanan waktu (MD, P
,61)
Probing
Menetapkan
satu solusi yang paling tepat untuk saat; Cari info,brosing(MD,P,71—73)
probing
Respon
emosi saat masuk keperkuliahan positif; merasa nyaman (MD,P,82)
cara pandang terhadap lingkungan kampus
positif; gampang akrab (MD,P,85)
respon
emosi terhadap lingkungan positif; lebih santai (MD,P,85)
Cara
pandang terhadap kuliah positif; lebih ringan,baik,bagus (MD,P, 100-102)
Probing
Cara
pandang terhadap fasilitas kampus negatif; kadang kurang, ac gak hidup (MD,P,
111-116)
Probing
Cara
pandang terhadap dosen positif;gampang akrab (MD,P,121)
Cara
pandang terhadap fasilitas ruangan negatif; kadang sulit kursi,Kadang kurang
(MD,P,127-129)
probing
probing
Menetapkan
satu solusi yang paling tepat saat itu; bantu para mahasiswa (MD,P, 145-147)
Mengevaluasi
strategi yang pernah dilakukan saat dihadapkan pada situasi Ujian Akhir
semester sebelumnya ; sharing dengan teman Bahas soal (MD,P,158-165)
probing
respon
tindakan yang dilakukan saat dihadapkan pada situasi menghadapi ujian akhir
semester positif; iya kemungkinan ya belajar (MD,P,171-173)
Mengevaluasi
strategi yang pernah dilakukan saat dihadapkan pada situasi Ujian Akhir
semester sebelumnya ; mengulang tugas (MD,P, 179-180 )
Cara
pandang terhadap waktu negatif;gak ontime, gak bisa nentuin waktu,lumayan
jauh jarak rumah,(MD,P,195-199)
Cara
pandang terhadap waktu negatif; sering macet,kemungkinan disiplin
kurang(MD,P,200-201)
Cara
pandang terhadap pengalaman seru positif;banyak dapet temen baru (MD,P, 212)
Cara
pandang terhadap pengalaman seru positif: bisa langsung akrab, bisa menyatu
(MD,P, 216-218)
Probing
Respon
emosi terhadap perkuliahan positif : merasa puas (MD,P, 240)
Cara
pandang terhadap terlambat ikut ujian positif;dibei keringanan, bisa ikut
susulan (MD,P, 244-245)
Closing
|
BEHAVIORAL EVENT INTERVIEW
I.
Tujuan
Interview
Mengetahui kemampuan berfikir subjek dalam mengahdapi
persoalan yang telah dilaluinya. Dengan berbagai
macam aspek, yaitu kemampuan berpikir analitis, kemampuan berpikir konseptual,
kemampuan berpikir stategis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan dalam
pencarian informasi.
II.
Pelaksanaan
Dilakukan di lapangan
Interview dilakukan di Jl. SMB II No.2820 Palembang. Interview
dilaksanakan pada hari Jumat,
tanggal 04 Juli 2014,
pukul 11.20 WIB. Proses
interview berlangsung selama 08
menit 42
detik.
III.
Persiapan
Untuk Lapangan
Sebelum melakukan interview lapangan, interviewer
membuat janji dengan testee jauh-jauh hari dan membuat kesepakatan waktu untuk
melakukan proses interview. interviewer menyiapkan alat perekam yang akan
digunakan (mengisi batrai dan mencobanya terlebih dahulu). Kemudian,
interviewer membaca aspek-aspek dalam menggali kemampuan berpikir subjek. Serta
lebih memahami lebih lanjut tentang formula STAR dan probing FACT. Selain itu
interviewer juga membaca catatan-catatan tentang proses interview. Serta
membuat ringkasan perkataan-perkataan yang akan dipraktekkan keesokan harinya.
IV.
Hasil
Wawancara
a. Subjek (Lapangan)
i.
Keterangan
Subjek
·
Nama Interviewee : Apdhila Putri
·
Jenis Kelamin : Perempuan
·
Usia : 17 tahun
·
Pendidikan
o
Fakultas : FKIP PGRI Palembang
o
Jurusan : Pendidikan Biologi
·
Alamat : Jl. SMB II No.2820 Palembang
·
Hoby : Baca Novel, mendengarkan
musik, membaca buku, menonton film
·
Tanggal / Waktu : 04 Juli 2014, pukul 11.20 WIB
·
Tempat : Jl. SMB II No.2820 Palembang
ii.
Hasil
Dari hasil
interview yang telah dilakukan maka dapat terlihat bahwa kemampuan subjek dalam
berpikir secara analitis, berada pada grade 2, yaitu pemahaman
lebih dalam dari setiap permasalahan yang dihadapi dan mencoba menelaah dengan
baik.namun kualitas analisa masih dangkal atau prifer. Dilihat
dari pernytaan subjek, yaitu :
“Emm,,
saya bersyukur dan mengambil hikmah nya, karna sebenernya banyak temen-temen
saya yang dapet IPS tapi malah apo mau pindah ke IPA, Tapi saya malah
sebaliknya, nah waktu kelas tiga SMA itu kan lagi bingung-bingung nya milih
jurusan kuliah, dan disini saya depet
hikmah nya jurusan untuk anak IPA itu lebih banyak dan variatif dari pada
jurusan kuliah untuk anak IPS. Dan kalo dulusaya masuk jurusan IPS, mungkin peluang untuk milih jurusan,
ee,, jurusan lain itu sangat kecil, dan banyak perguruan tinggi yang sekarang
nih kan hanya khusus untuk dikhususkan untuk IPA kayaknya kesehatan gitu” (AP,
P, 108-120)
Kemampuan
berpikir konseptual yang dimiliki subjek berada pada grade 2, yakni subjek
mengenali pola masalah yang baru. Adapun kutipan yang subjek sampaikan yaitu :
“nah
dari SMP tuh saya suka banget sama pelajaran IPS, dan saya lebih suka menghapal
dari pada menghitung, saat masuk SMA tes nya itu kan di bagi, ada geografi,
sosiologi, sejarah dan ekonomi. Nah saya mulai tertarik dengan apo, pelajaran
ekonomi. Dari situ saya mulai asyik dengan pelajran ekonomi dan saya lebih
milih kejurusan IPS“ (AP, P, 84-91)
Dalam
berpikir strategis, subjek berada pada grade 4,subjek
memilih beberapa solusi yang di anggap tepat dengan cara mengkritisi ide-ide
kreatif yang ada. Namun, masih terbatas pada aspek dalam lingkup
kecil. Terlihat dari pernyataan subjek, yaitu :
“emm,,, saya coba terus belajar, dan saya yakin saya
bisa, dan saya mencoba untuk menyenangi pelajaran IPA. Alhamdulilah saya sudah
dua tahun ngejalani semua yang berbau IPA, Dan alhamdulilah sekarang saya sudah
lulus SMA,” (AP, P,101-105)
Kemampuan berpikir kreatif yang dimiliki subjek, berada
pada grade 4, yaitu subjek mampu befikir yang memberikan perspektif baru atau
menangkap peluang baru sehigga membunculkan ide-ide baru yang belum pernah ada..
Adapun kutipan dari subjek, yaitu :
“eeehhmm,,
ya seperti yang tadi saya bilang kan banyak banget hikmah nya, eemm,, dari pada
saya jurusan IPS, nanti bersaing nya banyak banget dan juga sama jurusan anak
IPA, sekarang masih ngejer menjalani
test sih di perguruan tinggi. Dan tentu
saja saya memilih jurusan IPA. Emm doa in aja ya mb biar masuk ke kuliah yang di inginkan dan di
minati.” (AP,P 125-129)
subjek berada
diantara grade 2, grade
3 dan grade 5,
yaitu subjek aktif mencari informasi, subjek tidak menerima begitu saja
informasi yang datang kepadanya, mau bertanya untuk memperjelas informasi tetapi sumbernya
mash terbatas di lingkungannya sendiri.
dan, terkadang subjek juga mencari informasi dengan observasi langsung ke
sumber informasi. Subjek lebih aktif bertanya dengan mendatangi langsung sumber
informasi, baik yang berada disekitarnya maupun tidak. Sudah muncul upaya untuk
mengeksplorasi informasi. Terlihat dari kutipan dari subjek, yaitu :
“Emph,..
pernah emm gk terlalu rumit sih, sekirat tiga tahun yang lalu. Itu kelas satu
SMA, Emm ketika semester genap nih, saat penentuan jurusan saya bingung mau
pilih jurusan IPA atau IPS ?”(AP,P, 73-77)
“iya mb sebenernya saya mau banget
jurusan IPS, tapi waktu kenaikan kelas dapet jurusan IPA sendiri sekolah”. (AP,
P,80-82)
“emmm,, ya kecewa sih, waktu itu
sempet mikir mo pindah jurusan, karna jurusan IPA kan bisa tuh pindah kejurusan
IPS. Tapi klo IPS susah pindah jurusan ke IPA.. Nh tapi setelah saya pikir dan
saya saya konsultasi ke ortu akhirnya, emm saya gak jadi pindah ke IPS, Dan
tetep milih jurusan IPA”(AP, P, 94 – 99)
V.
Saran
a. Untuk pelaksanaan praktikum, ruangan yang digunakan
selama praktikum dirasa kurang kondusig dalam melakukan kegiatan praktikum.
Diharapkan ruangan lebih bisa tertata dan lebih leluasa. Kemudian hendaknya
segala macam informasi tentang praktikum baik itu materi atau catatan,
disiapkan terlebih dahulu, baik itu disiapkan oleh pihak laboratorium atau
asisten agar semua mahasiswa bisa mengikuti dan bisa memahami apa yang akan
dikerjakan, sehingga jika terdapat kesukaran dapat langsung ditanyakan.
b. Pada saat melakukan interview, hendaknya lebih
mempersiapkan diri terlebih dahulu mulai dari alat tulis, recorder, dan
catatan-catatan yang dirasa perlu. Hal ini dimaksudkan agar ketika berhadapan
dengan subjek, kita sudah siap dalam melakukan interview.
Lampiran
a. Lampiran Field Interview
i.
Form
Penilaian
BEHAVIORAL
EVENT INTERVIEW
SUBJECT
·
Nama :
Aphila Putri
·
Jenis kelamin :
Perempuan
·
Usia :
17 Tahun
·
Pendidikan :
S1
Pendidikan Biologi
TOPIK
|
Proses kemampuan berpikir
|
|
||
ASPEK YANG DINILAI
|
|
EVIDENCE
|
||
1.
Persiapan
|
1.
Kehadiran
subjek
|
Ditunjukkan dengan presensi
|
||
|
2. Data dari subjek
|
Nama : Apdhila
Putri
Jenis kelamin : Perempuan
Usia : 17
Tahun
Pendidikan : S1 Pendidikan Biologi
Alamat : Jl.
SMB II No.2820 Palembang
Hoby :
Baca Novel, mendengarkan musik, membaca buku, menonton film
|
||
|
3. Kelengkapan alat bantu
|
MP3, kertas note, pensil
|
||
2. Prosedur interview
|
1.
Opening
|
Greeting
|
Er
: Eeem,.. Assalammualaikum
Wr. Wb.
Ee
: Waalaikumsalam Wr. Wb.
Er
: Eee,.. Selamat siang ?
Ee : Siang,..
Er
: Gimana kabarnya hari ini ?
Ee
: Alhamdulilah Baik,…
Er
: alhamdulilah baik ya ??
(line 1-8)
|
|
|
|
Self
introduction
|
iya
perkenalkan nama saya merry aristha, dari fakultas psikologi universitas bina
darma palembang, angkatan 2012
Er
: Panggil aja saya merry ya ?
(line 8-12)
|
|
|
|
Personal
inquires
|
-
Er : Seperti yang sudah kita sepakati kemarin, hari
ini kita udah janjian mau sharing mengenai pengalaman-pengalaman anda yang
sebelumnya sudah anda tulis dilembar yang sudah diberikan kemarin. Ini dengan
Apdhila Putri
-
Er : Panggilannya Dhila ya?
-
Er : Dhila lahir di Palembang, 17 April 1997 ya
-
Er : Anak terakhir ya ?
(line 14-25)
|
|
|
|
Orientation
|
-
Er : Eemph,.. Sebelumnya saya ucapkan banyak terima
kasih atas kesediaan anda membantu saya dalam rangka menyelesaikan tugas
praktikum Psikodiagnostik III saya ini. Untuk melakukan interview ini ada
beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada anda. Yang pertama, interview ini
hanya sekedar sharing mengenai pengalaman - pengalaman anda dalam kurun waktu
2 tahun belakang ini, nah.. saya harapkan nanti kita bisa sharing terbuka,
dan tidak perlu malu atau tidak enak untuk menceritakan pengalaman-pengalaman
anda, buat diri anda senyaman mungkin ya.(Line 26-37)
-
Er : Yang kedua, percakapan selama interview ini
bersifat rahasia, nantinya pembicaraan ini hanya milik dua pihak antara kita
aja. Tidak akan keluar kemana-mana, jadi yang loss aja ya ceritanya. (line 39-42)
-
Er : Yang ketiga, interview ini tidak berjalan terlalu
lama, jadi gak akan aa, gak akan terlalu membuang atau menyita waktu anda.
Teruus, Yang keempat, selama interview ini anda bebas menggunakan bahasa
apapun selama masih bisa dimengerti dan menceritakan apapun terserah anda
karena dalam interview ini tidak ada penilaian baik dan buruknya perilaku
anda. Dan terakhir, selama interview ini bisa saja menanyakan sesuatu
ditengah-tengah cerita anda, begitu juga anda, anda bisa meanyakan ketika saya sedang bicara jika memang
masing-masing pihak merasa tidak paham atau kurang jelas. Ok, (line 44-56)
-
Er : sampai disini ada pertanyaan ?
(line 58)
|
|
|
2.
Interview
proses
|
·
Situation
·
Task
·
Approach
·
Result
·
Feeling
·
Action
·
Context
·
Thinking
|
STAR
- Bisa gambarin
gak situasinya gimana ? (Situation, 72-74)
- Oh Gitu,
terus, ee,, setelah dijalanin hasilnya gimana tuh? (Result line 121-123)
- iya pasti bisa
kok, ee jadi gimana tuh . Eee... perasaan yang dirasain itu pasti seneng
banget ya ? (result line 131-132)
FACT
- Er : trus kok
bisa bingung kayak gitu ? bisa di ceritain kenapa ? (Context line 78-79)
- Er : eemmm,,,
jadi ketika masuk IPA gimana tuh perasaannya ? (Feeling line 92 – 93)
- Er : Terus,
gimana tuh menjalani nya? (Thingking line 100)
- Er : Oh gitu,
apa yang di dapat,,eemm,,dari dua tahun itu. . ? Context line (106-107)
|
|
|
3. Closing
|
·
The Flow
·
Summarize
·
Major point
·
Invite to
ask question about the topic
·
Show
appreciation
|
-
Er : eee ok. karna sudah banyak informasi yang Dhila
kasih dan agar ga’ terlalu menyita waktu, maka interview ini cukupkan di
sini. Apakah ada pertanyaan dari Dhila? (line 152-154)
-
Er : kalau ga’ ada pertanyaan sekali lagi saya ucapkan
terima kasih pada kesediaan waktunya dan kerjasamanya. Semoga lain
kesempatan, kita bisa ketemu lagi, kalau udah ga’ ada pertanyaan saya matikan
recordernya ya. (line 157-162)
-
Er : Terima kasih, Wassalammualaikum Wr. Wb. (line
163)
|
|
4. Taking note
|
5. The time
|
Jumat, 04 April 2014, Pukul 11.20
Jl. SMB II No.2820 Palembang
|
||
Tidak ada komentar:
Posting Komentar