Tanya Jawab


Salam psikologi…
Saya seorang mahasiswi psikologi..
ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan berkaitan dengan kepribadian,,
saya punya masalah yang menurut saya sendiri itu rumit untuk dipahami, saya sering tiba-tiba bad mood, saya juga sangat cuek, saya juga sulit konsentrasi dan mudah sekali bosan, apakah saya menderita sesuatu dan bagaimanakah solusinya?? sangat berterima kasih atas bantuannya..

Jawaban:

Dear E,

Gangguan atau masalah emosi (atau mood) yang Anda rasakan saat ini mungkin saja disebabkan banyak hal yang terjadi (di rumah, kampus, atau di mana pun) tidak sesuai dengan keinginan, sehingga pada akhirnya membuat Anda menjadi bad mood. Setiap kali mood Anda berubah menjadi tidak baik, segera cari tahu penyebabnya. Ketika Anda mengetahui penyebabnya, sebaiknya Anda tidak hanya memikirkan sisi negatifnya saja. Anda perlu segera mencari tahu langkah yang dapat dilakukan atau mencari hikmah dibalik masalah yang Anda alami. Dengan demikian, Anda tidak hanya terpaku dengan hal yang membuat Anda bad mood.

Jika Anda merasa sulit berkonsentrasi, dapat disebabkan oleh sifat Anda yang sangat cuek dan mudah bosan. Oleh karena itu, hal yang sedang Anda lakukan atau hal yang sedang terjadi di lingkungan sekitar, kurang Anda perhatikan dengan konsentrasi penuh. Anda cenderung mengharapkan sesuatu hal yang sangat menyenangkan dan dapat membuat mood Anda selalu baik. Padahal, tidak semua hal dapat terjadi sesuai dengan keinginan kita.

Yang perlu Anda tingkatkan dalam diri Anda, yaitu menerima setiap hal yang terjadi dengan lapang dada. Apabila Anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal (atau sesuai dengan keinginan Anda), maka Anda harus berusaha keras mewujudkannya atau bahkan Anda perlu terlibat (berpartisipasi) di dalamnya. Kemudian, untuk meningkatkan konsentrasi, Anda dapat belajar sedikit demi sedikit untuk bertahan ketika sedang membaca, belajar, mendengarkan kuliah, dan sebagainya. Misalnya, mematikan alat komunikasi, mencari tempat dan waktu belajar yang tenang (di rumah), mencari posisi duduk yang nyaman atau jauh dari teman yang mengganggu konsentrasi Anda. Ketika Anda mulai bosan, ketahanan dan keteguhan hati sangat diperlukan, yaitu berkomitmen untuk tetap konsentrasi dan mensugesti diri Anda bahwa hal yang Anda dapatkan pasti berguna untuk diri Anda di kemudian hari.
Selamat mencoba, E!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar