makalah STRESS pada Psikologi Umum 2



PSIKOLOGI UMUM 2
“ Stress”
D
I
S
U
S
U
N
Oleh :

Nama : Merry Aristha
Kelas : PS 11
NIM : 12181004
Fakultas : Psikologi



Kata Pengantar

            Segenap rasa puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya yang telah diberikan bagi kami sehingga kami dapat termotivasi dan diberikan kesehatan untuk dapat menyelesaikan pembuatan makalah Psikologi Umum 2 tentang Stress
            Kami Menyadari dalam pembuatan makalah ini masih jauh dari kata sempurna  tidak terlepas dari kekurang. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari dosen pembimbing mata kuliah, teman, maupu pembaca lainnya. Semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan bagi setiap yang membacanya.

Palembang,   Mei 2013

                                                                                                      Penulis







DAFTAR ISI

Halaman Judul …………………………………………………………….…...     i          
Kata Pengantar ...................................................................................................     ii
Daftar Isi ..............................................................................................................     iii
BAB I      PENDAHULUAN ..............................................................................    1          1.1       Latar Belakang .............................................................................       1
            1.2       Rumusan Masalah .......................................................................      2
            1.3       Tujuan penulisan ………………………………………….…….      2
BAB II     PEMBAHASAN................................................................................      3
            2.1       Definisi Stress  ……..……………………….…………….……       3
2.2       Model Stress ………………………..……………..………..….       5
2.3        Jenis – Jenis Stress ……………….………...……………….….       6

2.4        Faktor yang Mempengaruhi Stress …………….…..……….….       6
2.5        Gejala Stress ……………….…..……….………………………      8
2.6               Akibat dari Stress …………………………………….……..….      9
2.7               Cara Mengatasi Stress ………………………………………….       11
BAB III    PENUTUP………………………………………………………….      13
3.1               Kesimpulan ………………………………………………………    13
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………………….     14

BAB I
PENDAHULUAN
1.1     Latar belakang
Di zaman globalisasi ini teknologi dan ilmu pengetahuan semakin berkembang pesat di seluruh dunia, dimana  masyarakat semakin disibukkan dengan aktifitas kerja yang padat dan harus dapat memenuhi segala tuntutan kehidupan. Di masa ini seseorang dituntut lebih kepada suatu pekerjaan agar dapat mendapatkan hasil yang memuaskan dan efisien. Dalam hal memenuhi tuntutan pekerjaan inilah setiap individu atau seseoarang dapat mengalami suatu keadaan psikologis yang sering terjadi kepada setiap orang, keadaan ini disebut “Stress”. Disini saya menerangkan dan menjelaskan tentang apa itu Stress mulai dari gejala, jenisnya, faktor-faktor dan akibat yang ditimbulkan bila seorang individu mangalami stress. Saya akan mengulas sedikit apa itu stress ?
Stress dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
Berbicara soal stress pastilah setiap individu di dunia ini pernah mengalaminya. Apalagi di zaman ini yang semuanya serba instan dan banyak sekali tuntutan pastilah seorang individu mudah sekali terseranf stress itu sendiri. Entah itu akibat lingkungan, pekerjaan atau organisasi ataupun dari individu itu sendiri. Dengan adanya makalah ini saya ingin berbagi informasi kepada masyarakat tentang stress secara luas , agar masyarakat tahu dan mengerti serta dapat mendapat wawasan baru.




1.2     Rumusan Masalah
Setelah melihat pernyataan diatas muncul pertanyaan di benak penulis yaitu :
1.            Apakah Stress itu?
2.            Bagaimana Jenis – Jenis Stress?
3.            Apakah Faktor yang Mempengaruhi Stress ?
4.            Bagaimana Akibat Dari stress ?

1.3     Tujuan penulisan
Adapun tujuan penulisan dari makalah ini adalah :
1.   Untuk mengetahui Definisi dari Stress
2.   Untuk mengetahui jenis-jenis stress
3.   Untuk mengetahui factor yang mempengaruhi stress
4.   Untuk mengetahui akibat dari stress















BAB II
PEMBAHASAN
2.1     Definisi Stress
Manusia dalam hidupnya tidak pernah lepas dari masalah. Jika hal tersebut dirasakan menekan, mengganggu dan mengancam maka keadaan ini dapat disebut stress.
Menurut beberapa ahli terdapat beberapa devinisi stress diantaranya :
1.         Stress adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berpikir dan kondisi seseorang (Handoko, 1997:200). Stress yang terlalu besar dapat mengancam kemampuan seseorang untuk menghadapi lingkungannya.
2.         Stress adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.
3.         Menurut Robbins (2001:563) stress juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang menekan keadaan psikis seseorang dalam mencapai suatu kesempatan dimana untuk mencapai kesempatan tersebut terdapat batasan atau penghalang.
4.         Menurut Korchin (1976), keadaan stress muncul apabila tuntutan-tuntutan yang luar biasa atau terlalu banyak mengancam kesejahteraan atau integrasi seseorang.
5.         Richard Bugelski dan Anthony M Graziano (1980) menyatakan bahwa stres adalah suatu istilah umum yang digunakan psikolog-psikolog untuk menunjukkan ketegangan seseorang karena tidak mampu mengatasi tuntutan-tuntutan atau tekanan-tekanan sekelilingnya 
6.         Menurut Lazarus (1976) stres adalah suatu keadaan psikologis individu yang disebabkan kerena individu dihadapkan pada situasi internal dan eksternal. Sedangkan menurut Korchin (1976) keadaan stres muncul apabila tuntutan-tuntutan yang luar biasa atau terlalu banyak mengancam kesejahteraan atau integritas seseorang. Stres tidak hanya kondisi yang menekan seseorang ataupun keadaan fisik atau psikologis seseorang maupun reaksinya terhadap tekanan tadi, akan tetapi stres adalah keterkaitan antara ketiganya (Prawitasari, 1989). Karena banyaknya definisi mengenai stres, maka Sarafino (1994) mencoba mengkonseptualisasikan ke dalam tiga pendekatan, yaitu :
ü Stimulus
Keadaan atau situasi dan peristiwa yang dirasakan mengancam atau membahayakan yang menghasilkan perasaan tegang disebut sebagai stressor. Beberapa ahli yang menganut pendekatan ini mengkategorikan stresor menjadi tiga :
a.    Peristiwa katastropik, misalnya angin tornado atau gempa bumi.
b.   Peristiwa hidup yang penting, misalnya kehilangan pekerjaan atau orang yang dicintai.
c.    Keadaan kronis, misalnya hidup dalam kondisi sesak atau bising.
ü Respon
Respon adalah reaksi sesorang terhadap stresor. Untuk itu dapat diketahui dari dua komponen yang saling berhubungan, yaitu komponen psikologis dan komponen fisiologis.
a.         Komponen psikologis, seperti perilaku, pola pikir dan emosi
b.        Komponen fisiologis, seperti detak jantung, mulut yang mongering (sariawan), keringat dan sakit perut.
Kedua respon tersebut disebut dengan strain atau ketegangan. 
ü Proses
Stres sebagai suatu proses terdiri dari stesor dan strain ditambah dengan satu dimensi penting yaitu hubungan antara manusia  dengan lingkungan. Proses ini melibatkan interaksi dan penyesuaian diri yang kontinyu, yang disebut juga dengan istilah transaksi antar manusia dengan lingkungan, yang didalamnya termasuk perasaan yang dialami dan bagaimana orang lain merasakannya.







2.2     Model Stress
Cox ( dalam Crider dkk, 1983) mengemukakan 3 model stress yaitu :
1.         Respone- based model
Stress model ini mengacu sebagai sekelompok gangguan kejiwaan dan respon-respon psikis yang timbul pada situasi sulit. Dimana model ini mencoba untuk mengidentifikasikan pola-pola kejiwaan dan respon-respon  kejiwaan yang diukur pada lingkungan yang sulit. Pusat perhatian dari model ini adalah bagaimana stressor yang berasal dari peristiwa lingkungan yang berbeda-beda dapat menghasilkan respon stress yang sama.
Stresor kehidupan modern ini diantaranya. :
a.    Berbagai fluktuasi ekonomi dan segala akibatnya ( menciutnya anggaran rumah tangga , pengangguran dan lain-lain ).
b.    Perceraian, keretakan rumah tangga akibat konflik ,kekecewaan dan sebagainya
c.    Persaingan yang keras dan tidak sehat.
d.   Diskriminasi dan segala macam keterkaitannya akan membawa pengaruh yang menghambat perkembangan individu dan kelompok.
e.    Perubahan sosial yang cepat apabila tiadak diimbangi dengan penyusuaian etika dan moral konvisional ynag memadai akan terasa ancaman. Dalam kondisi terburuk nilai materikalistik akan mendominasi nilai moral spiritual yang akan menimbulkan benturan konflik yang mungkin sebagian terungkap, sedangkan sebagian lainnya menjadi beban perasaan individu atau kelompok.
2.         Stimulus –based model
Model stress ini memusatkan perhatian pada sifat-sifat stimuli stress. Tiga karakteristik penting dari stimuli area adalah :
a.    Overload
Diukur ketika sebuah stimulus dating secara intens dan individu tidak dapat mengadaptasi lebih lama lagi
b.    Conflict
Diukur ketika sebuah stimulus secara stimulant membangkitkan dua atau lebih respon-respon yang tidak berkesesuaian.
c.    Uncontrollability
Adalah peristiwa-peristiwa dari kehidupan tang bebas/ tidak tergantung pada perilaku dimana pada situasi ini menunjukan tingkat stress yang tinggi.
3.         Intercational model
Model ini merupakan perpaduan dari Respone- based model dan Stimulus –based model . dimana pada model ini lebih menekankan ke dalam bagaimana mengatasi stress.
2.3    Jenis – Jenis Stress
Quick dan Quick (1984) mengkategorikan jenis stres menjadi dua, yaitu:
1.      Eustress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat sehat, positif, dan konstruktif (bersifat membangun). Hal tersebut termasuk kesejahteraan individu dan juga organisasi yang diasosiasikan dengan pertumbuhan, fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan tingkat performance yang tinggi.
2.      Distress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat tidak sehat, negatif, dan destruktif (bersifat merusak). Hal tersebut termasuk konsekuensi individu dan juga organisasi seperti penyakit kardiovaskular dan tingkat ketidakhadiran (absenteeism) yang tinggi, yang diasosiasikan dengan keadaan sakit, penurunan, dan kematian.

2.4      Faktor Yang Mempengaruhi Stress
Kondisi-kondisi yang cenderung menyebabkan stress disebut stressors. Meskipun stress dapat diakibatkan oleh hanya satu stressors, biasanya seseorang mengalami stress karena kombinasi stressors. Menurut Robbins (2001:565-567) ada tiga sumber utama yang dapat menyebabkan timbulnya stress yaitu:
1.         Faktor Lingkungan.
Keadaan lingkungan yang tidak menentu akan dapat menyebabkan pengaruh pembentukan struktur organisasi yang tidak sehat terhadap seseorang. Dalam faktor lingkungan terdapat tiga hal yang dapat menimbulkan stress yaitu politik, ekonomi, dan teknologi. Perubahan yang sangat cepat karena adanya penyesuaian terhadap ketiga hal tersebut membuat seseorang mengalami ancaman terkena stress. Hal ini dapat terjadi, misalnya perubahan teknologi yang begitu cepat. Perubahan yang baru terhadap teknologi akan membuat keahlian seseorang dan pengalamannya tidak terpakai karena hampir semua pekerjaan dapat terselesaikan dengan cepat dan dalam waktu yang singkat dengan adanya teknologi yang digunakannya.
2.         Faktor Organisasi.
Didalam organisasi terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan stress yaitu role demands, interpersonal demands, organizational structure dan organizational leadership.
Pengertian dari masing-masing faktor organisasi tersebut adalah sebagai berikut :
·      Role Demands
Peraturan dan tuntutan dalam pekerjaan yang tidak jelas dalam suatu organisasi akan mempengaruhi peranan seorang karyawan untuk memberikan hasil akhir yang ingin dicapai bersama dalam suatu organisasi tersebut.
·      Interpersonal Demands
Mendefinisikan tekanan yang diciptakan oleh seseorang lainnya dalam organisasi. Hubungan komunikasi yang tidak jelas antara seseorang satu dengan seseorang lainnya akan dapat menyeba bkan komunikasi yang tidak sehat. Sehingga pemenuhan kebutuhan dalam organisasi terutama yang berkaitan dengan kehidupan sosial akan menghambat perkembangan sikap dan pemikiran antara satu orang dengan yang lainnya.
·      Organizational Structure
Mendefinisikan tingkat perbedaan dalam organisasi dimana keputusan tersebut dibuat dan jika terjadi ketidak jelasan dalam struktur pembuat keputusan atau peraturan maka akan dapat mempengaruhi kinerja seseorang dalam organisasi.
·      Organizational Leadership
Berkaitan dengan peran yang akan dilakukan oleh seorang pimpinan dalam suatu organisasi. Karakteristik pemimpin menurut The Michigan group (Robbins, 2001:316) dibagi dua yaitu karakteristik pemimpin yang lebih mengutamakan atau menekankan pada hubungan yang secara langsung antara pemimpin dengan karyawannya serta karakteristik pemimpin yang hanya mengutamakan atau menekankan pada hal pekerjaan saja.
Empat faktor organisasi di atas juga akan menjadi batasan dalam mengukur tingginya tingkat stress. Pengertian dari tingkat stress itu sendiri adalah muncul dari adanya kondisi-kondisi suatu pekerjaan atau masalah yang timbul yang tidak diinginkan oleh individu dalam mencapai suatu kesempatan, batasan-batasan, atau permintaan-permintaan dimana semuanya itu berhubungan dengan keinginannya dan dimana hasilnya diterima sebagai sesuatu yang tidak pasti tetapi penting (Robbins, 2001:563).
3.         Faktor Individu.
Pada dasarnya, faktor yang terkait dalam hal ini muncul dari dalam keluarga, masalah ekonomi pribadi dan karakteristik pribadi dari keturunan. Hubungan pribadi antara keluarga yang kurang baik akan menimbulkan akibat pada pekerjaan yang akan dilakukan karena akibat tersebut dapat terbawa dalam pekerjaan seseorang. Sedangkan masalah ekonomi tergantung dari bagaimana seseorang tersebut dapat menghasilkan penghasilan yang cukup bagi kebutuhan keluarga serta dapat menjalankan keuangan tersebut dengan seperlunya. Karakteristik pribadi dari keturunan bagi tiap individu yang dapat menimbulkan stress terletak pada watak dasar alami yang dimiliki oleh seseorang tersebut. Sehingga untuk itu, gejala stress yang timbul pada tiap-tiap pekerjaan harus diatur dengan benar dalam kepribadian seseorang.
2.5     Gejala Stress
Ada beberapa gejala stress yang ada namun ada 20 gejala utama stress yang tiba-tiba muncul dan tidak diketahui sebabnya, diantaranya :
1.         Jantung sering berdebar tanpa sebab diketaui
2.         Berkeringat-dingi atau merasa menggigil
3.         Ke toilet lebih sering dari biasanya
4.         Mulut terasa kering
5.         Sakit/ nyeri di perut bagian atas
6.         Mudah lelah walaupun mengerjakan pekerjaan yang ringan
7.         Merasa sakit seluruh otot badan yang tidak biasa
8.         Sakit kepala tanpa sebab
9.         Mudah tersinggung,
10.     Kurang rasa humor
11.     Kurang selera terhadap makanan, kesenangan ataupun seks
12.     Makan terlalu banyak atau terlalu sedikit tanpa disadari
13.     Kurang  punya waktu  menjalankan hobi/ kebiasaan
14.     Merasa tidak mampu mengatasi permasalahan apapun”
15.     Kurang tertarik berkomunikasi dengan orang lain, selalu menghindar
16.     Kurang percaya  terhadap penampilan diri
17.     Merasa segala sesuatu tidak berguna
18.     Selalu merasa kehilangan dan sedih
19.     Pelupa
20.     Sulit tidur, tidur tidak nyaman dan mudah terbangun, bangun merasa tidak segar
2.6     Akibat dari Stress
Stres menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, seriawan, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. Akibat stres dapat dikelompokkan dalam tiga kategori umum: gejala fisiologis, gejala psikologis, dan gejala perilaku.
Pengaruh gejala stres biasanya berupa gejala fisiologis. Terdapat riset yang menyimpulkan bahwa stres dapat menciptakan perubahan dalam metabolisme, meningkatkan detak jantung dan tarikan napas, menaikkan tekanan darah, menimbulkan sakit kepala.
Stres yang berkaitan dengan pekerjaan dapat menyebabkan ketidakpuasan terkait dengan pekerjaan. Ketidakpuasan adalah efek psikologis sederhana tetapi paling nyata dari stres. Namun stres juga muncul dalam beberapa kondisi psikologis lain, misalnya, ketegangan, kecemasan, kejengkelan, kejenuhan, dan sikap yang suka menunda-nunda pekerjaan.
Gejala stres yang berkaitan dengan perilaku meliputi perubahan dalam tingkat produktivitas, kemangkiran, dan perputaran karyawan, selain juga perubahan dalam kebiasaan makan, pola merokok, konsumsi alkohol, bicara yang gagap, serta kegelisahan dan ketidakteraturan waktu tidur. Ada banyak riset yang menyelidiki hubungan stres-kinerja. Pola yang paling banyak dipelajari dalam literatur stres-kinerja adalah hubungan U-terbalik. Logika yang mendasarinya adalah bahwa tingkat stres rendah sampai menengah merangsang tubuh dan meningkatkan kemampuannya untuk bereaksi. Pola U-terbalik ini menggambarkan reaksi terhadap stres dari waktu ke waktu dan terhadap perubahan dalam intensitas stres.
Stres pada Setiap Periode Kehidupan
1.         Stres pada Masa Bayi
Situasi stres yang umumnya dialami oleh bayi merupakan pengaruh lingkungan yang tidak ramah (unfamiliar) dan adanya keharusan bagi bayi untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan atau peraturan orang tua. Pada proses penyesuaian diri inilah bayi sering mengalami stres karena kemampuan penyesuaian diri bayi terhadap tuntutan tersebut tidak berlangsung secara otomatis, tetapi melalui proses yang tidak jarang menimbulkan kesulitan.
2.          Stres pada Masa Anak
Stres pada anak-anak biasanya bersumber dari keluarga, sekolah, atau teman mainnya. Dalam keluarga yang “broken home” misalnya, atau keluarga miskin, anak-anak cepat sekali merasa stres terhadap perubahan-perubahan yang tidak dikehendakinya. Dalam lingkungan sekolah, anak yang tidak naik kelas, atau bermasalah dengan teman-temannya, akan cepat stres dan stres yang terjadi pada masa ini, sangat berpengaruh terhadap masa depannya.
3.          Stres pada Masa Remaja
Sumber utama terjadinya stres pada masa ini adalah konflik atau pertentangan antara dominasi peraturan dan tuntutan orang tua dengan kebutuhan remaja untuk bebas atau Independence dari peraturan tersebut. Gejala-gejala umum tentang kesulitan remaja dalam menyesuaikan diri ini antara lain membolos, bersikap keras kepala, berbohong, dan lain sebagainya.
4.         Stres pada Masa Dewasa
Banyak faktor terjadinya stres pada masa dewasa, di antaranya adalah gagal pernikahan, ketidakharmonisan keluarga, kehilangan pekerjaan, ketidakpuasan dalam hubungan seks, perselingkuhan, keadaan hamil, dan lain sebagainya. Stres pada masa ini sangat berisiko mengakibatkan penyakit beruntun.





2.7     Cara Mengatasi Stress
1.         Lakukan pemijitan tubuh (body massage), karena pemijitan baik sekali untuk relaksasi dan penormalan tekanan darah. Setelah pemijitan, anda akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja akan memulihkan lebih baik keletihan anda.
2.         Berolahraga teratur merupakan hal yang sangat penting dalam memerangi stress. Berolahraga akan memobilisasi otot-otot kita, mempercepat aliran darah dan membuka paru-paru untuk mangambil lebih banyak oksigen. Dampaknya anda akan memperoleh tidur yang lebih nyenyak dan kesehatan yang lebih baik.
3.         Lakukan hobi anda, seperti memancing, mendaki gunung atau apapun yang anda senangi. Anda bisa juga melakukan petualangan yang belum pernah anda alami sebelumnya seperti berarung jeram misalkan.
Melakukan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat menghilangkan pikiran yang menyebabkan stress.
4.         Banyak asumsi yang mengatakan bahwa bir, anggur atau whiskey dapat menghilangkan stress. Pada kenyataannya, air putih lah yang dapat menghilangkan stress. Penelitian menunjukkan bahwa minum segelas atau 2 gelas anggur memang dapat menyebabkan kita relax saat itu, tetapi setelah efek alkoholnya hilang, stress kemungkinan besar akan membangunkan anda di tengah malam. Dengan banyak minum air putih akan membantu memulihkan tubuh kita dari kekurangan cairan, karena kekurangan cairan dapat menimbulkan keletihan.
5.         Lakukan meditasi. Para ahli kesehatan mengatakan bahwa alat yang sangat ampuh dalam mengatasi stress adalah meditasi. Meditasi sangat membantu membersihkan pikiran kita dan meningkatkan konsentrasi. Telah terbukti bahwa meditasi selama 15 menit sama dengan kita beristirahat selama 1 jam. Meskipun anda hanya melakukan meditasi selama 2 menit, tetap akan cukup membantu.
Meditasi akan sangat membantu anda melupakan hal-hal yang dapat menyebabkan stress.
6.         Ketika seseorang mengalami stress, suatu reaksi yang alamiah jika orang tersebut kemudian melampiaskannya dengan mengkonsumsi banyak makanan. Perlu anda ketahui bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat meningkatkan kadar insulin di dalam tubuh, dimana insulin ini dapat membuat tubuh menjadi cepat lelah dan mood anda menjadi jelek.
7.         Jika tubuh kita sedang lelah, tidak mudah bagi kita dalam mengendalikan stress. Tidak cukup tidur akan mempengaruhi keseluruhan hari kita, dan biasanya kita mengalami hari yang buruk karena kurang tidur menyebabkan kita tidak dapat berkonsentrasi dan melihat suatu permasalahan lebih buruk dari yang seharusnya. Tidur yang baik bagi orang dewasa adalah 7 jam sehari
















BAB III
PENUTUP
3.1     Kesimpulan
stres adalah segala suatu kondisi berupa perubahan reaksi biokimiawi, fisiologis, kognitif, dan perilaku sebagai penyesuaian diri individu ketika mengalami tekanan karena dihadapkan pada suatu kesenjangan antara kebutuhan dengan kenyataan sehingga tercipta suatu kondisi ketidak seimbangan, beberapa tahapan terhadap stress dapat ditandai dengan semangat kerja besar dan berlebihan, penglihatan tajam tidak seperti biasanya, merasa mampu menyelesaikan pekerjaan lebih dari biasanya, namun tanpa disadari cadangan energy dihabiskan disertai rasa gugup yang berlebihan, merasa senang dengan pekerjaan itu dan semakin bertambah semangat (tahap 1). Merasa letih saat bangun pagi, merasa mudah lelah setelah makan siang, lekas merasa capai menjelang sore hari, sering mengeluh lambung atau perut yang tidak nyaman, detakan jantung lebih keras dari biasanya, otot-otot punggung dan tengkuk terasa tegang, tidak bisa santai (pada tahap 2). Gangguan lambung dan usus semakin terasa, misalnya keluhan maag dan diare, tegangan otot-otot semakin terasa, perasaan ketidak tenangan dan ketegangan emosional yang semakin meningkat, gangguan pola tidur. Keadaan stress muncul apabila tuntutan-tuntutan yang luar biasa ataupun terlalu banyak yang mengancam kesejahteraan atau integritas individu.
jenis stres ada dua, yaitu: Eustress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat sehat, positif, dan konstruktif (bersifat membangun) dan Distress, yaitu hasil dari respon terhadap stres yang bersifat tidak sehat, negatif, dan destruktif (bersifat merusak).




DAFTAR PUSTAKA

·           Buku Psikologi Umum 2
·           http://ekodageink.blogspot.com/2012/10/pengertian-stres-dalam-psikologi.html
·           Wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar