Pengertian Psikologi menurut para ahli


Pengertian Psikologi

Psikologi  berasal dari bahasa Yunani “ Psyche” yang artinya  jiwa, dan “Logos yang artinya ilmu pengetahuan.Secara etimologi  Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai  macam-macam gejalanya, prosesnya, maupun latar belakangnya.

Pengertian Psikologi menurut para ahli :

· Sartain
”Psychology  is the scientific study of the behavior  of living organism, with especial attention  given to human behavior”  (Psikologi adalah ilmu yang mempelajari  tingkah laku organisme yang hidup, terutama  tingkah laku manusia).

· Richard Mayer
 “Psikologi merupakan analisi mengenai proses mental  dan struktur  daya ingat untuk memahami manusia”.

· George A. Miller
  Psychology is the science  that attempts to describe, predict and control mental  and behavioral events” ( Psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan , meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku).

· Chaplin
Psychology is the science of human and animal behavior, the study of organism in all its variety and complexity as it respond  to the flux and flow of the physical and social events wich make up the environment” (Psikologi adalah ilmu pengetahuan mengenai perilaku  manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam dan kerumitannya  ketika mereaksi arus dan perubahan alam sekitar  dan peristiwa-peristiwa kemasyarakatan yang mengubah lingkungan).

· Dr. Singgih Dirgagunursa
“Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia”.

· Plato dan Aristoteles
“Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang  hakikat  jiwa serta  prosesnya sampai akhir”.

· Ernest  Hilgert
Psychology may be defined  as the science that studies the behavior  of men and other  animal, etc”. (Psikologi  adalah ilmu yang mempelajari  tingkah laku manusia  dan hewan lainnya.

· Henry Gleitmen
“Psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berusaha memahami perilaku  manusia , alasan, dan cara mereka melakukan sesuatu , dan juga memahami  bagaimana makhluk tersebut berpikir dan berperasaan”.

· John Broadus Watson
“ Psikologi  sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari  tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode   yang objektif  terhadap rangsangan dan jawaban (respons)”.

· Wilhelm  Wundt
“Psikologi merupakan  ilmu pengetahuan yang mempelajari  pengalaman- pengalaman  yang  timbul dalam diri manusia , seperti  perasaan panca indra, pikiran, merasa(feeling) dn kehendak”.

· Crow& Crow
Psychology  is the study of human behavior and human relationship”(Psikologi ialah tingkah laku manusia , yakni interaksi manusia  dengan  dunia sekitarnya , baik berupa  manusia lain ( human relationship ) maupun bukan manusia  : hewan, iklim, kebudayaan dan sebagainya.

· Robert  S.  Woodworth & Marquis
“ Psychology  is the study of humen behavior and human relationship.” (Pisikologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari  aktivitas atau tingkah laku individu dalam hubungan dengan alam sekitarnya

· Paul Mussen dan Mark R.Rosenzwieg
” Pisikologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mind (pikiran), namun dalam perkembangannya, kata mind berubah menjadi beahavion (tingkahlaku) ,sehingga pisikologi didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari tingkahlaku manusia” .  

· Knight dan Knight
Psychology may be defined as the systematic study of experience and behavior human and animal , normal and abnormal ,individual and social.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar