analisis jabatan PT.Aba dan Mitra



PEMBAHASAN
A.           Identitas Jabatan
Nama Perusahaan          : PT. ABA DAN MITRA (Restoran Sederhana)
Cabang                          : Palembang
Nama Jabatan                : Delivery Service
Atasan Langsung           : Manajer Restoran
Bawahan Langsung       : -
Lama Berja                    : 2 tahun
Tanggal Evaluasi           : 17 April 2014           

B.            Ikhtisar jabatan Delivery service
Mengecek pesanan yang telah di terima oleh kasir, lalu membungkus pesanana yang akan di antar dan mengantarkan pesanan tersebut sesuai tujuan dengan syarat senyum, sapa dan salam.
1.    Tugas Pokok
a.    Mengantakan pesanan konsumen sesuai alamat tujuan
·      Dalam hal ini delivery mengantarkan pesanan konsumen sesuai dengan alamat tujuan konsumen yang telah di informasikan terlebih dahulu oleh kasir.
b.    Memberikan pelayanan terbaik bagi konsumen
·      Dalam hal mengantarkan pesanan konsumen, delivery wajib memberikan pelayanan yang terbaik untuk konsumen nya dengan cara mengantarkan pesanan konsumen tepat waktu sesuai dengan kesepatan dengan konsumen
c.    memastikan makanan yang dipesan sampai ke tangan pelanggan dengan keadaan yang masih baik.
·      Menu pesanan yang di pesan oleh konsumen harus di pastikan benar bahwa itu pesanan yang di pesan, dan dalam keadaan masih hangat, lengkap dan tertata rapi

2.    Tugas Berkala
a.    Memastikan motor delivery restoran baik digunakan
·      Dalam hal ini delivery sebelum menggunakan motor delivery harus mengecek mesin motor dalam keadaan baik, biasanya delivery menservice motor tersebut satu bulan sekali.
b.    Mengumpulkan nota pengeluaran bahan bakar yang di gunakan motor delivery
·      Nota pengeluaran bahan bakar motor delivery dikumpulkan satu minggu sekali agar kasir mengganti uang delivery tersebut yang telah di gunaka untuk membeli bahan bakar motor tersebut.
c.    Bergantian menjaga restoran tiap dua minggu sekali
·      Dalam hal ini karyawan restoran termasuk delivery, bergantian menjaga restoran yang di jadwalkan untuk menginap direstoran tersebut semalam dan dijadwalkan tiap dua minggu sekali.

3.     Tugas Tambahan
a.    Bertanggung jawab terhadap kebersihan, keamanan, kerapihan fasilitas dan peralatan yang ada di restoran
·      Tidak hanya cleaning service yang bertanggungjawab atas kebersihan dan kerapihan, tetapi setiap karyawan lain wajib memelihara dan menjaga tempat kerja masing-masing, serta mencegah kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat membahayakan diri sendiri dan konsumen.
b.    Melaksanakan tugas-tugas yang tidak berhubungan dengan jabatannya sesuai  penugasan yang di berikan oleh manager restoran
·      Delivery dapat melakukan tugas yang tidak hanya sebagai delivery,tetapi jika sedang tidak ada pesanan dari konsumen, delivery mampu melakukan tindakan lainnya. Seperti, membungkus pesanan konsumen, melayani konsumen yang ingin makan di tempat, serta ikut menghitung omset restoran bersama kasir.

4.    Tanggung Jawab.
Menyimpan dan menjaga uang setoran dengan baik yaitu menyetorkan uang 2x dalam sehari seperti siang sebelum istirahat pukul 15.00 atau istirahat ke dua pukul 17.30 dan malam sebelum restoran di tutup sekitar pukul 21.00.  Apabila uang yang di setorkan mengalami selisih maka delivery langsung tanggung jawab untuk mengganti dengan uang pribadi atau bisa di lakukan dengan mengganti uang tersebut masuk dalam hitungan hutang yang akan di bayar dengan pemotongan gaji.

C.           Relasi (Hubungan Kerja)
1.    Internal
ü Dengan kasir tentang menu apa saja yang di pesan oleh konsumen dan menanyakan langsung alamat yang akan di tuju yang sebelumnya sudah di tanyakan kasir kepada konsumen tersebut. serta menyetorkan uang pesanan kepada kasir kembali.
ü Dengan Karyawan bagian palung tentang apakah pesanan yang di pesan konsumen untuk di antarkan sudah selesai di bungkus dan siap untuk di antarkan.
ü Dengan Ketua delivery tentang arahan pembagian daerah mana delivery akan mengantarkan pesanan.
2.    Eksternal
ü Dengan kosumen yang memesan menu pesanan tersebut.

D.           Tahapan cara pesan antar
1.    kasir akan menerima telepon dari konsumen yang memesan menu makanan yang tersedia di restoran
·      kasir akan menanyakan kepada konsumen menu apa saja yang akan di pesan nya. Lalu kasir akan mencatat menu dan harga di nota pembelian konsumen dan akan sekalian menyakan alamat konsumen yang akan di antarkan menu makanan yang telah konsumen pesan tersebut.
·      Cara memesan menu makanan pada restoran sederhana ini biasa nya langsung via telpon ke restoran yang di tuju. Setiap cabang restoran memiliki nomor telpon yang berbeda, sehingga biasanya konsumen sudah lebih dulu tahu cabang restoran mana yang konsumen akan memesan menu makanan.
·      Cara lain yang terkadang konsumen lakukan untuk memesan menu makanan yang ingin konsumen pesan yaitu dengan langsung ke restoran sederhana yang terdekat, biasanya konsumen akan memesan menu makanan tersebut untuk sehari sebelum menu makanan yang akan di antarkan. Dan kasir pun akan segera mencatat pesanan konsumen tersebut dinota pembelian menu makanan konsumen.
2.    kasir akan memberitahukan kepada karyawan bagian palung untuk membungkus menu makanan yang sudah di pesan oleh konsumen tersebut.
3.     kasir akan mengecek kembali menu makanan tersebut, apakah sudah sesuai dengan nota pembelian yang sudah di pesan oleh konsumen tersebut.
4.    Jika sudah benar semua menu makanan tersebut di bungkus, kasir akan meregistrasi kan nota kembali pada mesin register untuk mendapatkan nota arsip restoran dan untuk mengetahui barapa uang yang harus di bayarkan oleh konsumen nanti.
5.    Lalu kasir pun menyerahkan tugas selanjutnya untuk mengantarkan pesanan tersebut sesuai tujuan oleh delivery service restoran.

E.            Kondisi Lingkungan kerja
Tempat Kerja
Tempat kerja delivery service yaitu di luar ruangan sehingga resiko yang harus dihadapi yaitu ketika hujan dan panas




F.            Syarat Jabatan Delivery Service
1.    Syarat umum
a.    Pendidikan minimal SMA sederajat
b.    Laki-laki usia maksimal 30 tahun
c.    Tinggi badan 160 cm dan berat ideal
d.   Upaya Jasmani  Sehat di buktikan dengan surat keterangan dari dokter
e.    Jujur, ulet,gesit dan bertanggung jawab
f.     Berorientasi kepada kepuasan konsumen
g.    Memiliki kemampuan pengetahuan alamat dan jalan di kota palembang
h.    Memiliki kemampuan berkomunikasi lisan dan tertulis yang baik
i.      Memiliki kemauan dan semangat kerja yang tinggi terutama yang mendukung pekerjaan nya saat ini dan masa yang akan datang
2.    Syarat Kondisi Fisik
Berdiri : 25 %
Duduk : 20%
Pindah : 50 %
Lain-lain : 5 %
3.    Syarat-syarat badaniah
Yang di perlukan untuk melaksanakan kewajiban – kewajiban seperti ketangkasan untuk bertindak cepat dalam melaksanakan kewajiban seperti mengantar kan pesanan pelanggan secara tepat waktu.

G.           Waktu Kerja
Waktu kerja dimulai pada pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 22.00 wib. Waktu istirahat karyawan terbagi menjadi istirhat pertama dan istirahat kedua. Waktu istirahat baisanya dua jam setengah. Istirahat pertama di mulai pada pukul 15.00 wib s/d 17.30 wib, dan istirahat kedua di mulai pada pukul 17.30 wib s/d 20.00wib.
Untuk istirahat makan biasa nya di beri waktu setengah jam biasanya jam 09.30 wib untuk jam makan pagi, jam 14.30 untuk jam makan siang, dan jam 20.30 untuk jam makan malam karyawan. Dan Untuk hari libur kerja karyawan setelah 10 hari bekerja.

H.           Bahan Kerja
1.    Pena yang digunakan untuk menulis menu pesanan yang di pesan oleh konsumen
2.    Nota yang digunakan untuk mengetahui menua apa saja yang di antarkan dan berapa biaya yang harus dibayar oleh konsumen tersebut.
3.    Kalkulator yang digunakan untuk alat menghitung jika ada kesalahan dalam penghitungan biaya yang harus di bayar oleh konsumen.

I.              Perangkat / Alat kerja
1.    Motor box delivery yang di gunakan untuk mengantarkan pesanan
2.    Box motor yang digunakan untuk menyimpan menu makanan pesanan konsumen
3.    Helm yang digunakan untuk keselamatan kepala dari bahaya di jalan raya.
4.    Seragam delivery yang di gunakan untuk mengenali identitas di delivery
5.    Jaket yang digunakan untuk melindungi tubuh dari dingin atau panas nya cahaya matahari
6.    Sarung tangan yang digunakan untuk melindungi tangan dari sengatan matahari
7.    Sepatu yang digunakan untuk menutupi kaki dan sebagai alas untuk berjalan
8.    Jas hujan yang digunakan pada saat delivery mengantarkan pesanan pada saat hari hujan.

J.             Resiko bahaya
Banyak resiko yang di tanggung oleh delivery ketika sedang mengantarkan pesanan konsumen tepat waktu, biasanya delivery di minta untuk bisa mengatur waktu agar pesanan konsumen tiba tepat waktu pada alamat yang ditujukan, sehingga delivery terkadang harus kebut-kebutan dijalan. Dan pada saat itulah kemungkinan bahaya yang akan di hadapi delivery saat di jalan raya mengantarkan pesanan konsumen tersebut di tempat.
Tetapi apabila delivery mengalami bahaya atau kecelakaan pada saat jam kerja mengantarkan pesanan konsumen, delivery mendapatkan keringanan biaya untuk berobat oleh perusahaan. Perusahaan akan menanggung semua biaya pengobatan delivery.

K.           Analisa Pelaksanaan Persyaratan
Dalam pelaksaannya, analisa jabatan delivery service sudah cukup baik dan terlaksana, dimana dalam penentuan untuk pemilihan delivery service restoran yang bersangkutan harus terlebih dahulu memenuhi persyaratan yaitu harus bisa mengetahui jalan atau alamat-alamat yang ada dikota palembang ini, mempunyai pendidikan minimal SMA, jika jadi seorang delivery harus laki-laki, mempunyai tinggi badan 160 cm, Tidak harus ada pengalaman khusus yang di butuhkan, hanya keinginan dan tekad bekerja yang di butuhkan. Lalu Training 3 bulan dengan karyawan yang sudah Senior , serta Sehat di buktikan dengan surat keterangan dari dokter.
Persyaratan tambahan lain Suntuk memenuhi syarat-syarat tersebut, calon karyawan tersebut akan dilihat spesifikasi dalam persyaratan tambahan yang tidak tertulis dipersyaratan, namum dalam persyaratan ini, menjadi suatu penilaian tersendiri dan nilai tambah bagi calon delivery tersebut, seperti mempunyai keahlian dalam hubungan antara pribadi, komunikasi lisan dan tulis yang baik, dan memiliki kemapuan dan semangat belajar yang tinggi yang mendukung pekerjaannya saat ini dan masa mendatang.
Setelah dinyatakan lulus dalam rangkaian seleksi penerimaan dan penetapan karyawan baru yang diadakan perusahaan adalah pra-syarat untuk bekerja. Sesuai dengan kebutuhan, peusahaan akan mendorong karyawaan untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan, kecakapaan dan kualitas kerjanya agar dapat lebih baik dalam melaksanakan tugas-tugasnya. Karyawan yang telah menyelesaikan masa percobaan setelah tiga bulan sesuai dengan syarat yang ditentukan oleh perusahaan dapat di angkat sebagai karyawaan tetap.
Dalam analisa saya mengenai persyaratan untuk jabatan delivery service di restoran Sederhana sudah terlaksana dengan baik, dan Dalam hal asuransi kecelakaan kerja khususnya delivery pun sudah baik, karna segala hal yang menyangkut resiko bahaya delivey di tanggung oleh pihak restoran.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar