makalah psikologi konsumen Usaha Cutting Stiker



TUGAS
PSIKOLOGI KONSUMEN








Disusun Oleh :
Merry Aristha (12181004)
Ajeng Kusumawardany (12181001)
Husni Tamrin (14181001P)





FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS BINA DARMA
PALEMBANG
2014

BAB I
PENDAHULUAN

a.        Latar Belakang
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah sesuatu yang dapat membuka mata tentang bagaimana mendapatkan penghasilan selagi masih muda dan berstatus mahasiwa, paling tidak agar kita sebagai mahasiswa bisa belajar untuk hidup mandiri dan mengurangi beban orang tua terhadap kita.. Mahasiswa sebenarnya mempunyai peran penting dan strategis dalam memajukan pembangunan dalam berbagai sektor. Sebagai mahasiswa tentu mempunyai kebanggaan tersendiri karena tidak setiap orang dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Dibutuhkan modal selain kreativitas, kecerdasan juga keuangan yang lebih. Sebagai mahasiswa kita dituntut menjadi mahasiswa yang kreatif dan dapat menangkap peluang yang ada di sekeliling kita. Sudah banyak bukti orang yang sukses saat ini karena mereka merintis usahanya sejak masih muda dan masih berstatus mahasiswa.
Peluang usaha untuk mahasiswa adalah kegiatan bila dikerjakan dengan sungguh-sungguh akan dapat memberi keuntungan. Tentu saja melakukan peluang usaha untuk mahasiswa dibutuhkan ketekunan dan keuletan. Namun dalam menangkap peluang usaha untuk mahasiswa ada hal yang harus di perhatikan agar dapat mencapai keberhasilan. Peluang usaha untuk mahasiswa haruslah mempunyai target yang hendak dicapai. Paling tidak kita bisa membuat sebuah perencanaan kedepannya tentang target apa yang akan kita capai. Selanjutnya kita juga dapat melakukan sebuah evaluasi terhadap yang apa kita usahakan selama ini. Sebenarnya jika kita memang berkeinginan sukses di usia muda, apalagi sebagai mahasiswa. Kita dapat menelaah dan memilih sebuah bisnis yang mungkin cocok buat kita dan tidak sekali-kali tidak mengganggu proses perkuliahan . Paling tidak berusaha mengeluti pada bidang yang memang kita kuasai atau bidang yang memang menjadi hobi kita. Atau bisnis pada bidang yang memang dibutuhkan oleh masyarakat minimal di lingkungan kampus. Karena tempat pemasaran produk kita yang paling mudah dan terjangkau adalah lingkungan kampus dan sekitarnya. Intinya kita bisa me-manage waktu kita. Sebenarnya banyak sekali peluang usaha untuk mahasiswa yang dapat dimanfaatkan di lingkungan kampus. Termasuk peluang usaha untuk mahasiswa mungkin saja kita dapatkan dari sebuah kegiatan mahasiswa.
Hal yang terpenting adalah menggali ide, gagasan dan menemukan peluang yang ada dan memanfaatkan sebaik mungkin. Apa yang ada dalam lingkungan kita, dapat menjadi lahan usaha apapun kondisi dan usahanya pasti dapat berkembang. Semua itu dapat terwujud hanya dengan ketekunan dan keuletan agar tercapai keberhasilan. Hal yang harus kita miliki mau untuk bekerja keras dan mempunyai keinginan untuk maju dan merubah nasib menuju lebih baik.

b.        Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat kami rumuskan beberapa permasalahan dalam pembahasan ini, antara lain :
ü  Jenis usaha dan produk
ü  Target penjualan
ü  Kondisi perkembangan produk














BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Cutting Stiker
Cutting Sticker secara harfiah berasal dari kata cutting yang berarti potong dan kata sticker.Jadi cutting sticker adalah sticker potong atau sticker yang dibuat dengan cara memotong. Lebih jelasnya adalah sebuah teknik pemotongan bahan sticker sesuai dengan desain yang diinginkan, baik itu permainan warna solid (non gradasi) maupun corak dengan menggunakan perangkat mesin cutting sticker dan komputer sebagai media desain.
Kegunaan Cutting Stiker
Cutting sticker biasa digunakan untuk advertising/promosi bisnis anda,grup/club tertentu dengan cara menempelkan pada dinding/kaca (interior) ,plang / billboard / neonbox , kendaraan, product tertentu,etc. Bisa juga untuk keperluan pribadi, contohnya untuk interior rumah/kantor,desain mobil/motor,ataupun untuk menghias barang pribadi lainnya.
Kelebihan dan Kekurangan Cutting Stiker
Kelebihannya
ü Dibandingkan dengan sticker digital printing, cutting sticker memiliki kelebihan yaitu lebih tahan lama dan warna yang tidak mudah pudar.
Jenis sticker vinyl seperti ORACAL atau 3M SCOTCHCAL bahkan memiliki ketahanan outdoor hingga 5 tahun,dibandingkan dengan sticker printing yang biasanya sudah mulai pudar tintanya setelah 1 tahun. Ini karena cutting sticker tidak menggunakan tinta/ ink sebagai pewarna sticker melainkan sticker sudah diberi pigmen warna permanen sejak dari proses produksi oleh pabrik.
ü Jenis sticker cutting seperti scotchlite atau fosfor bisa memendarkan warna pada kondisi gelap, sedangkan pada sticker digital printing sampai saat ini tidak ditemui jenis yang seperti ini.
ü Sticker Cutting merupakan jenis sticker yang contour cut artinya bentuk atau desain sticker adalah bentuk potongan dari sticker itu sendiri. Sehingga lebih fleksibel untuk diaplikasikan ke berbagai media. Sedangkan untuk jenis sticker digital printing, hasil akhir berupa lembaran berbentuk kotak persegi.
Tetapi pada saat ini ada teknologi terbaru yaitu PrintCut. Teknologi ini merupakan gabungan antara digital printing dengan cutting dimana sticker yang telah dicetak/ di-print akan dipotong mengikuti contour dari bentuk desain sticker tersebut. Tetapi mesin yang bisa melakukan pekerjaan ini masih tergolong mahal apalagi ketersediaan spare part nya di Indonesia masih jarang karena tergolong teknologi baru.
Kekurangannya
ü Terbatas untuk warna-warna yang solid (non gradasi). Akan tetapi hal ini bisa disiasati dengan teknik gambar animasi, seperti menggunakan program Raster to Vector atau pakai Corel®Trace, dll. Tentu saja tidak bisa langsung dipakai karena gambar harus dirapikan terlebih dahulu.
ü Proses pembuatan yang lebih rumit dibandingkan dengan sticker digital printing
ü Waktu pengerjaan yang lebih lama karena ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan secara manual, seperti weeding/ peeling (atau mengelupas bagian sticker yang tidak perlu)
Jenis Bahan Cutting Stiker
ü Scothlite (reflective)
Merk yg umum digunakan adalah 3M, Kiwalite dan stiker china.
Hanya merk 3M dan Kiwalite yg tersedia lebar 120 cm
berurutan dari kualitasnya : 3m - kiwalite - china (transign, seicholite, xlite, rexlite, dll)
ü Sandblast
Merk yg sering digunakan adalah : TAKI (120 cm & 150 cm), Hyundai, Kolon, SKJ, 3M dll. Biasanya digunakan untuk kaca kantor, gedung, interior, kaca separasi, rumah sakit, dll.
ü Hologram
Biasanya untuk segel atau merk suatu produk
ü Carbon Kevlar
Sticker ini umumnya tebal dan bertekstur, biasanya banyak digunakan untuk variasi mobil dan memerlukan alat khusus untuk memasangnya
ü Fosfor ( Glow In The Dark )
Stiker jenis ini banyak digunakan untuk safety sign atau rambu K3 karena kemampuannya untuk menyimpan cahaya dan menyala dalam kondisi gelap sekalipun. Biasanya dipasang pada pintu emergency, tangga darurat, dsb.
2.2    Nama Dan Logo
Logo
Nama CV atau perusahan terbatas PT atau yang lebih kecilnya sering di sebut dengan Home industri memiliki makna baik secara teoritis maupun secara fisik memiliki kemasan yang memiliki arti yang berperan penting dalam langkah mengejar laba saat produksi nantinya
ü Executive Cutting Stiker diambil dari kata  berasal dari bahasa Latin, execure yang berarti melakukan atau melaksanakan. Disini menunjukkan bahwa kami memulai  suatu  perubahan untuk lebih maju, lebih lebih berhasil dan lebih sukses.
ü Executive Muda adalah seseorang yang sudah bisa dikatakan sukses dalam berkarir, baik sebagai pegawai maupun sebagai wirausahawan, yang memiliki omset pendapatan cukup tinggi. Dan biasanya mereka itu masih di bilang umur - umur yang terbilang masih sangat muda, kisaran 23 tahun sampai dengan 30an.
2.3    Tempat Usaha
Usaha ini dengan bertempatkan sebagai usaha yang tergolong dalam Home indutri jadi sebagai tempat usaha ini berada di rumah sebagai tempat produksi.
Selain itu juga teman- teman yang lain ada yang berjualan di area kantor dengan konsumen temansekerja nya. namun saat penjualan juga dilakukan di tempat tempat di kampus seperti di di lobi kampus, atau berkerjasam dengan himpunan mahasiswa yang ada untuk mengadakan stand dan  kita cukup menggantung atau meletakan stiker dan menunggu pembeli datang, sementara menunggu pembeli kita dapat membaca buku ata mendengarkan musik untuk menghilangkan rasa bosan menunggu, kita juga bisa sambil mengerjakan tugas tugas kuliah dengan laptop sambil menunggu pembeli.

2.4    Perlengkapan Yang Dipergunakan
Ini ada kaitannya dengan proses pengerjaan stiker. Asal tau saja, proses pembuatan stiker baik berupa gambar maupun tulisan memerlukan beberapa tahap. Mula-mula anda harus menuangkan ide atau gagasan pelanggan di dalam layar komputer. Maka, perangkat komputer sangat diperlukan dalam usaha ini. Komputer yang disarankan adalah yang sanggup mengoperasikan program-progra desain semacam Freehand, Coreldraw, Adobe, serta program cutting stiker semacam Art Cut and Casmate.
Selain komputer, anda wajib memiliki alat yang menjadi nyawa usaha ini, yakni alat pemotong stiker (stiker cutting machine). Fungsi alat ini adalah untuk memotong stiker sesuai dengan apa yang telah dibentuk dikomputer. Harga alat ini lumayan mahal, yaitu antara Rp. 15 juta hingga 40 juta per buah; tergantung dari jenis dan mereknya.
Uniknya pengusaha cutting stiker biasanya memiliki cara sendiri untuk memperoleh alat pemotong stiker tersebut. Misalnya, anda membeli mesin pemotong stiker bermerek Suda (Taiwan) secara online di internet. Tinggal browsing di internet saja, banyak kok yang menjual alat pemotong stiker ini.
Anda juga harus memiliki perlengkapan penunjang kerja lainnya. Misalnya, kamera digital, scaner, mesin pencetak (printer), hingga perkakas cutting stiker semisal gunting, pinset, selotip transparan, dan lain-lain. Semua alat ini diperlukan sebagai penunjang anda bekerja dan berkreasi.

2.5    Anggaran Dana
Modal perlengkapan stiker
½ m bahan scotlite warna putih                     Rp.  20.000
25 cm x 60 cm bahan scotlite warna merah    Rp.  10.000
25 cm x 60 cm bahan scotlite warna Kuning  Rp.  10.000
25 cm x 60 cm bahan scotlite warna Hitam    Rp.  10.000
15 cm x 60 cm bahan scotlite warna Biru       Rp.   5.000
15 cm x 60 cm bahan scotlite warna Hijau     Rp.   5.000
1 roll Masking (Perekat Stiker)                       Rp.  15.000
100 pcs Plastik pembungkus                           Rp.   5.000
                                    Jumlah                                   Rp. 80.000
2.6    Pembuatan Produk
a.    Desain yang sudah di tentukan, lalu di buat di aplikasi Artcut
Dalam hal ini konsumen menentukan terlebih dahulu gambar apa atau tulisan yang ingin di pesan, disini juga terdapat proses editing, yang biasanya di gunakan dalam aplikasi Artcut 2009,yang sudah di install ketika disambungkan dengan mesin cutting dan komputer atau laptop. bisa juga bagi yang bisa menggunakan fotoshop atau corel draw untuk proses editingnya.
b.    Setelah di design dalam Artcut, dicetak dengan mesin cutting, dengan bahan stiker bahan scotlite sesuai warna pemesanan
c.    Jika dalam pemesanan stiker ada beberapa warna, maka bahan dicetak pula sesuai dengan kebutuhan warna tersebut
d.   Setelah semua bahan sudah dicetak, saat nya untuk membuka atau mengelupasi bagian yang tersisa (tidak termasuk dalam motif stiker ) dengan menggunakan pinset.
e.    Membuka motif stiker ini membutuhkan waktu yang lama tergantung kerumitan design stiker
f.     Setelah pengelupasan ini selesai, stiker pun siap untuk di perpadukan dengan warna  yang lain sesuai design atau permintaan pelanggan
g.    Setelah selesai stiker pun siap di masking
(perekat stiker)
h.    Terakhir stiker di rapikan dengan gunting
i.      Dan siap untuk di serahkan pada pemesan atau di pasarkan.
2.7    Alat Promosi
selebaran (Brosur)
share lewat Email
share lewat contact blackberry masangger
melalui media grup dan teman






 
2.8    Produksi Stiker

                 
                    
           
2.9  Saran Dari Konsumen

ü  Perbanyak Variasi
ü  Lebih dibuat kreatifdan edukatif
ü  Perbanyak gambar dan paduan kata-kata yang unik
BAB III
Hasil penjualan

Hasil dari proses penjualan stiker di kampus universitas bina darma dan dikantor masing-masing cukup memuaskan dengan tidak banyak menguras tenaga saya mampu mejual produksaya  dengan baik dan santai hingga mendekati habis dengan jumlah stok awal yaitu 60 buah stiker dan sisa hanya 15 stiker saja.
No.
Penjualan
Jumlah
Keterangan
1.
Penjualan oleh Merry
20 buah
Di tempat usaha dan kelas psikologi anak malam
2.
Penjualan Oleh Ajeng
12 buah
Di kantor kerja dan kampus
3.
Penjualan oleh husni
13 buah
Di kantor kerja dan kampus
4
Gratis atau promo
8 buah
Beli 3 gratis 1 (ketentuan berlaku)

Dengan hasil pengeluaran Rp.100.000 atau modal awal saya yang di mulai dari angka pengeluarah seperti diatas saya melakukan penjualan produk dengan harga satuan mulai dari Rp. 2.000 – Rp.8.000, maka
Total Penjualan 45 Pcs dengan total uang    Rp. 167.000
Terdiri dari :
Rp. 2.000 x 10 Pcs      = Rp. 20.000,-
Rp. 3.000 x 14 Pcs      = Rp. 42.000,-
Rp. 4.000 x 12 Pcs      = Rp. 48.000,-
Rp. 5.000 x 3 Pcs        = Rp. 15.000,-
Rp. 6.000 x 2 Pcs        = Rp. 12.000,-
Rp. 7.000 x 2 Pcs        = Rp. 14.000,-
Rp. 8.000 x 2 Pcs        = Rp. 16.000,-
Modal                                                             Rp.  80.000
Promo                         8pcs x 2000                 Rp.  16.000
Keuntungan                                                   Rp.  71.000


BAB IV
KESIMPULAN

Sebagai mahasiswa dengan jiwa dan kreatifitas yang tinggi bukan mustahil akan dapat menciptakan peluang usaha bagi orang lain. Jangan hanya berpikir untuk menjadi karyawan atau seorang PNS yang digaji tiap bulannya, tetapi berpikirlah sebagai seorang pengusaha yang akan mempunyai karyawan dan menggajinya.
Berbisnis sebagai penjual stiker merupakan sebuah ladang bisnis yang menguntungkan dan halal. sebab modal yang di butuhkan juga tidk terlalu besar sangat sesuai dengan kantong mahasiswa, asalkan kita bisa mempertahankan kualitas stiker yang di jual dan membuat konsumen yakin bahwa stiker yang kita jual adalah stiker dengan kualitas no 1.






Add caption













Lampiran Dokumentasi




   
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar